Comscore Tracker
BUSINESS

12 Ide Bisnis Rumahan Ini Bisa Dijajakan Lewat Platform Online

Ide bisnis rumahan ini menggunakan saluran daring.

12 Ide Bisnis Rumahan Ini Bisa Dijajakan Lewat Platform OnlineShutterStock/DrazenZigic

by TanayastriSurti

Jakarta, FORTUNE - Ada banyak cara untuk memperoleh penghasilan tambahan. Berbisnis kini bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan kanal penjualan online. Lantas, apa saja ide bisnis rumahan  yang bisa dimantaakan untuk menambah cuan? 

Bisnis rumahan bisa dijalankan dengan modal tak terlalu besar. Ide usaha ini pun kini bisa Anda eksekusi secara lepas ataupun penuh waktu (full time). Namun yang perlu dicatat bagaimana bisnis yang Anda jalankan melalui platform digital ini bisa hadir sebagai solusi bagi orang lain.  Selain itu, tentukan terlebih dulu segmen pasar yang ingin Anda bidik.

Sebagai contoh,  jasa videografi untuk para pasangan yang ingin menggelar pernikahan. Anda juga bisa menjajakan camilan hingga makanan dan minuman di platform digital untuk berbagai keperluan acara, seperti arisan atau jamuan keluarga. Berikut ide bisnis lain yang bisa Anda coba seperti dikutip dari berbagai sumber : 

1. Tekuni bisnis menjadi dropshipper

Bisnis yang satu ini tidak memerlukan modal. Anda bisa menjadi seorang dropshipper yang menghubungkan konsumen dengan produsen. Jenis bisnis ini begitu populer di tengah tingginya pamor e-commerce.

Sebagai seorang dropshipper, Anda hanya perlu meminta agar produsen mengantarkan barang kepada konsumen. Konsumen bisa saja mengira Anda sebagai penjual, padahal sebenarnya hanya sebagai perantara yang menjajakan produk pemasok.

2. Bisnis kuliner

Kedua, bisnis kuliner seperti makanan dan minuman. Selama masih ada pecinta makanan/minuman atau foodies, jenis bisnis itu masih akan memiliki pasar.

Mau menjual makanan berat atau hanya sekadar camilan, itu semua ada di tangan Anda. Yang terpenting, sesuaikanlah dengan tipe konsumen bidikan Anda.

Selain itu, ada pula opsi bisnis waralaba kuliner—baik makanan maupun minuman. Dengan model bisnis seperti itu, modal yang Anda keluarkan akan lebih rendah ketimbang memulai bisnis dari nol.

3. Jasa fotografi dan videografi

Bisnis satu ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan membidik gambar dan video dengan apik. Konsumennya beragam, dari mahasiswa yang baru lulus hingga mereka yang akan merayakan momen sakral seperti pernikahan.

Anda dapat menawarkan paket fotografi dan videografi dengan rentang harga berbeda. Jika sudah terkenal, jasa Anda mungkin bisa diperluas lagi jangkauannya. Bahkan bisa sampai merekrut tim sendiri.

4. Tekuni pekerjaan penulis lepas

Bagi Anda yang gemar dan memiliki kemampuan tulis-menulis, mencoba menawarkan jasa penulis lepas dapat menjadi salah satu opsi jenis usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Dari menulis cerita fiksi, ulasan produk, artikel di media, hingga mengikuti kompetisi blog. Selain itu, kini juga ada beberapa pihak yang mencari penulis lepas di bidang SEO.

5. Penyewaan barang

Jika Anda memiliki peralatan seperti kamera, komputer, hingga konsol gim, maka menyewakannya bisa menjadi sumber cuan baru. Bahkan, belakangan ini ada juga penyewaan ponsel pintar premium seperti iPhone.

Anda bisa mempromosikan jasa penyewaan tersebut melalui media sosial atau menerapkan strategi mouth to mouth. Bila jasa sewa laris, bukan tak mungkin Anda bisa memperoleh modal baru untuk membeli tambahan peralatan.

6. Bisnis frozen food

Ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bisnis frozen food. Produk makanan ini banyak diminati karena dinilai praktis dan bisa disimpan lama di dalam freezer.

Saat ini, banyak pabrik frozen food yang menyediakan kemitraan untuk siapa saja yang ingin bergabung dan menjadi agen produk mereka.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba bisnis ini dan menjalin kemitraan. Anda juga bisa mendaftar kemitraan kemudian menjualnya dari rumah saja dan memasarkannya secara online.

7. Desain grafis freelance

Bagi Anda yang memiliki skill di bidang desain grafis, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa desain grafis atau bekerja secara freelance.

Anda bisa menawarkan layanan membuat konten media sosial, logo, banner, dan lain-lain. Anda juga bisa menjual hasil desain tersebut dalam bentuk merchandise atau hasil cetak lainnya.

Saat ini, banyak perusahaan yang juga membutuhkan tenaga desain dengan sistem freelance atau per projek. Jadi, Anda tidak harus datang ke kantornya. Cukup menyelesaikan karya tersebut dari rumah.

Mulai dari sekarang, susun dan rancang portofolio Anda semenarik mungkin. Portofolio tersebut bisa Anda gunakan untuk menarik hati klien lainnya.

8. Bisnis thrifting

Ide bisnis rumahan lainnya yang bisa Anda coba adalah bisnis thrifting atau pakaian pre-loved. Usaha ini sangat digandrungi oleh banyak anak muda.

Cobalah untuk mencari supplier yang terpercaya dan kualitas pakaiannya baik. Biasanya, Anda harus membeli dalam paket bundling atau ball. Dimana memuat puluhan pakaian dalam satu paketnya.

Anda bisa mencoba memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkannya. Jangan lupa untuk mencuci pakaian tersebut terlebih dahulu, agar tampilan produknya lebih bagus dan lebih higienis.

9. Jasa pembuatan cv

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen wajib yang dicantumkan saat seseorang ingin melamar pekerjaan.

Bagi Anda yang memiliki pengalaman atau pengetahuan lebih mengenai dunia HR, tidak ada salahnya untuk membuka layanan jasa pembuatan CV.

Buatlah CV sesuai berbasis sistem Applicant Tracking System (ATS), sertakan juga kata kunci untuk mengoptimasi dokumen tersebut.

10. Penerjemah

Bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing, bisnis penerjemah sepertinya bisa Anda coba sebagai ide bisnis rumahan.

Saat ini, ada banyak pekerjaan yang membutuhkan penerjemah, seperti penulis subtitle, konten, tesis, website, dan lain-lain.

11. Jasa transkrip file audio

Ide bisnis rumahan selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuka jasa transkrip file audio. Layanan ini sangat dibutuhkan untuk mentranskripsikan audio panjang seperti tesis, rapat kerja, diskusi rekan bisnis, dan lainnya.

12. Jasa konseling online

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba jasa konseling online. Terlebih lagi bila Anda memiliki sertifikat resmi sebagai seorang konselor.

Anda tidak harus datang ke lokasi untuk bertemu klien Anda. Anda cukup membutuhkan website, akses internet, dan orang yang membutuhkan jasa konseling.

Berikut tadi pembahasan mengenai ide usaha rumahan online. Semoga bermanfaat.

Related Articles