FINANCE

Ekonom Bank Permata Ramal Ekonomi Indonesia Tumbuh 5% di 2024

Pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat hingga 2026.

Ekonom Bank Permata Ramal Ekonomi Indonesia Tumbuh 5% di 2024Ilustrasi Pelayanan Cabang PermataBank/Dok PermataBank
15 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEBank Permata memproyeksikan pertumbuhan Ekonomi Indonesia bisa bertahan pada kisaran 5 persen di sepanjang 2024, meski pertumbuhan ekonomi secara kuartalan cenderung stagnan. 

Chief Economist PermataBank, Josua Pardede, mengatakan bahwa proyeksi ini senada dengan perkiraan dari berbagai lembaga internasional, seperti Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), atau Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

“Berkisar sekitar 5,07 persen dan 2025-2026 ini cenderung akan terus meningkat," katanya dalam paparan Indonesia Economic Review, Selasa (14/5).

Menurutnya, pertumbuhan konsumsi rumah tangga masih akan di bawah normal (5 persen), namun hal ini akan mulai membaik di 2025. Sementara, pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) juga diperkirakan sedikit melambat dibandingkan tahun lalu namun masih di kisaran 4 persen.

Inflasi

Josua Pardede

Josua juga memperkirakan inflasi akan tetap berada di kisaran 3 persen. Meski demikian, pada current account, ia memperkirakan defisit transaksi berjalan tahun 2024 minus 0,7 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dari 2023 minus 0,11 persen terhadap PDB.

"Sekalipun memang ada pelebaran defisit dari kedua neraca (twin deficit), neraca APBN dan neraca transaksi berjalan, namun kami tetap melihat bahwa fundamental ekonomi Indonesia sejauh ini tetap dalam kondisi yang solid  sehingga risiko ini memang untuk jangka pendek belum terlalu kelihatan, namun kita tetap perlu mengantisipasi dalam jangka menengah," ujar Josua.

Suku bunga acuan

Ilustrasi Bank Indonesia.
Shutterstock/Mezario

Related Topics