Comscore Tracker
FINANCE

Strategi OCBC NISP Berdayakan UMKM Perempuan Lewat Women Warriors

Perempuan mengambil peran besar dalam memajukan perekonomian

Strategi OCBC NISP Berdayakan UMKM Perempuan Lewat Women WarriorsParwati Surjaudaja Presiden Direktur PT OCBC NISP, Tbk di Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan basis pengusaha perempuan terbesar di dunia. Menurut Bank Indonesia, lebih dari 60 persen dari total 57,83 juta UMKM dijalankan oleh pengusaha perempuan.

Berbagai data pun menunjukkan UMKM yang dikelola perempuan memiliki kinerja keuangan yang lebih sustainable, seperti rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) yang lebih rendah dan disiplin keuangan yang lebih baik.

Melihat besarnya potensi kontribusi pengusaha perempuan pada perekonomian Indonesia, Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, mengatakan Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok perempuan pengusaha.

Tantangan para perempuan pengusaha

Parwati menilai, banyak tantangan dihadapi perempuan pengusaha. Pada dasarnya, kata dia, perempuan memiliki peran ganda di samping harus melakukan pekerjaan rumah tangga atau domestik, juga memiliki peran membantu penghasilan sambil mengembangkan diri seluas-luasnya.

“Bank OCBC NISP berkomitmen untuk memberdayakan kelompok pengusaha perempuan agar dapat terus mengembangkan usaha dan mengambil peran yang lebih besar untuk berkontribusi pada ekonomi, sosial dan lingkungan,” katanya pada sesi Women in the Workplace dalam Fortune Indonesia Summit 2022 di The Westin, Jakarta, Kamis (19/5).

Menurutnya, perempuan dinilai lebih disiplin dan hati-hati selama pandemi, sehingga usaha yang dikelola perempuan diyakini lebih bisa menghadapi perubahan. Bank OCBC NISP pun memberi perhatian bagi para perempuan tangguh lewat program “Women Warriors” agar pelaku usaha perempuan mengambil peran lebih besar dalam memajukan perekonomian bangsa.

“Bagi kami dukungan bagi pelaku usaha perempuan ini bukan semata isu kesetaraan gender atau isu sosial, melainkan solusi untuk percepatan kemajuan bangsa, kesejahteraan bangsa, dan kinerja perusahaan yang berkelanjutan,” katanya.

Pembiayaan finansial bagi perempuan pengusaha

Parwati mengatakan program Women Warriors yang baru diluncurkan pada November 2020 tersebut tidak hanya memberikan pembiayaan secara finansial ataupun suka bunga kredit menarik sebesar 8 persen, namun turut memberikan pendampingan kemampuan berbisnis dan dukungan untuk mengembangkan bisnis.

“Ada paket khusus di mana bukan hanya memberikan modal kerja saja, tapi juga pemberdayaan. Misalnya, kita bantu untuk mau jualan melalui platform e-commerce, mengatur perpajakannya, mengatur akutansinya, itu kita bantu lengkapi pendukung pendukungnya,” ujarnya.

Melalui Women Warriors, Bank OCBC NISP menghadirkan solusi untuk mendukung perempuan Indonesia melalui solusi manage, grow, dan life.

Melalui layanan manage, pengusaha perempuan dapat mengatur keuangan baik dalam pribadi dan bisnis dengan mudah, aman, nyaman, kapan saja, dan di mana saja melalui fitur One Mobile, Velocity, kartu kredit, debit online, hingga laporan SPT.

Kemudian layanan grow yang memungkinkan pengusaha perempuan mengembangkan dana pribadi maupun bisnis. Melalui pendanaan mulai Rp500 juta sampai Rp15 miliar, solusi keuangan melalui fitur Nyala Bisnis dan SME Banking, suka bunga kredit, hingga beyond banking yang membantu menjalankan dan mengembangkan bisnis secara efektif.

Sedangkan layanan terakhir live, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dengan membangun komunitas usaha dan penyediaan program edukasi melalui berbagai forum online.

“Khusus pendanaan untuk perempuan kami juga dari sisi edukasi. Setelah pendanaan bukan berarti selesai, tapi lewat digitalisasi juga memudahkan mereka menjalani peran ganda. Mereka tetap bisa mencapai pertumbuhan bisnis sambil menjaga keseimbangan dalam hidup,” kata Parwati.

Fortune Indonesia Summit 2022 adalah platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia, dan diadakan selama dua hari, yaitu pada 18-19 Mei 2022, di The Westin, Jakarta.

Fortune Indonesia Summit 2022 mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth.

Topik yang diangkat sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow beserta puluhan pembicara inspiratif.

Related Articles