NEWS

Ekspor UMKM RI Kalah dari Thailand, Jokowi Ungkap Strateginya

Menurutnya, UMKM RI layak untuk naik kelas.

Ekspor UMKM RI Kalah dari Thailand, Jokowi Ungkap StrateginyaPresiden Jokowi membuka UMKM Expo(rt) Brilianpreneur, Kamis (7/12). (dok. Setpres)
08 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ekpor produk UMKM Indonesia kalah saing dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Thailand. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, saat ini produk-produk UMKM sudah banyak yang memiliki kualitas baik, karena dikurasi dengan benar, sehingga sudah sangat layak untuk merambah pasar ekspor.

Hal ini termasuk bagaimana cara para pelaku UMKM melakukan branding di hadapan para buyers atau pembeli. Oleh sebab itu, situasi yang lebih tertata dan kurasi produk yang baik, membuat UMKM pantas naik kelas.

“UMKM kita harus terus naik kelas, harus go digital, harus go international, dan menguasai, harus menguasai pasar lokal yang kita miliki, karena pasar kita besar sekali. Tetapi juga tidak melupakan yang namanya pasar ekspor dan pasar global,” katanya saat membuka UMKM Expo(rt) Brilianpreneur, Kamis (7/12) di Jakarta Hall Convention Center.

Ia mengungkapkan, saaat ini produk UMKM baru 15,7 persen yang masuk ke pasar ekspor. Angka ini masih di bawah Singapura yang mencapai 41 persen atau yang mencapai Thailand 29 persen. “Ini yang menjadi pekerjaan besar kita,” ujarnya.

Pembiayaan harus dipermudah

Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021).
Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Salah satu startegi meningkatkan daya saing produk UMKM ialah melalui pembiayaan Perbankan. Presiden Jokowi meminta sektor perbankan untuk mempermudah pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mengingat sektor ini mendukung Pendapatan Domestik Bruto (PDB) ekonomi Indonesia hingga 61 persen.

“Kredit perbankan ke UMKM ini baru 21 persen (dari total kredit yang ada). Di Cina itu 65 persen gede banget, di Jepang 65 persen, di India 50 persen. Saya kira Pak Menteri BUMN mungkin juga nanti dengan BI dan OJK, ini regulasinya yang harus diperbaiki,” ujar Jokowi.

Presiden juga menyinggung bahwa sejauh ini, pembiayaan paling besar kepada UMKM masih dimiliki oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) “Hampir semuanya dipegang oleh BRI, bank yang lain tidak diberi peluang,” katanya.

Perbaikan

Upaya BRI jemput bola kepada para pelaku UMKM lewat Agen BRILink.
Upaya BRI jemput bola kepada para pelaku UMKM lewat Agen BRILink. (dok. BRI)

Related Topics