NEWS

Masyarakat Diimbau Penuhi Vaksin Booster 2 Minggu Sebelum Mudik

Imunitas tidak bisa terbentuk secara instan.

Masyarakat Diimbau Penuhi Vaksin Booster 2 Minggu Sebelum MudikWarga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)
06 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masyarakat diimbau untuk memenuhi dosis vaksinasi booster, setidaknya dua minggu sebelum melaksanakan mudik.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan imunitas tidak bisa terbentuk secara instan. “Para ahli imunologi sepakat bahwa proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu satu sampai dua minggu setelah penyuntikan (vaksin),” ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (5/4).

Pemerintah akan terus mendorong pemberian vaksinasi depada masyarakat menjelang mudik Lebaran 2022. Selain itu, penyesuaian kebijakan aturan perjalanan pun akan selalu mengikuti perkembangan kasus Covid-19. “Fakta ini seharusnya dapat menjadi penyemangat kita untuk segera divaksin dosis penuh dan booster,” ujarnya.

Cakupan vaksinasi booster naik konsisten

description
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers penanganan pandemi, Selasa (5/4). (Dok. Satgas Covid-19)

Sejak Januari 2022, cakupan vaksinasi booster naik secara konsisten. Pada level nasional, capaian saat ini menyentuh 9,52 persen target Kementerian Kesehatan, atau naik sekitar 15 kali lipat dalam 3 bulan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Selasa (5/4), capaian vaksinasi pertama sudah 196.880.155 orang, sementara vaksinasi kedua 160.107.212, dan vaksinasi booster sudah diterapkan pada 24.046.339 individu.Target sasaran vaksinasi nasional sendiri adalah 208.265.720 individu.

Beberapa daerah, kata Wiku, menunjukkan performa vaksinasi booster yang baik. Di Bali, misalnya, tingkat vaksinasinya mencapai 52 persen dengan pertumbuhan 32 persen hanya dalam waktu 1 bulan.

Masyarakat diminta untuk jujur bila memang sakit

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Indramayu, Jawa Barat, Rabu (23/3/2022). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Related Topics