NEWS

Mengenal 5 Jenis Parfum dan Lama Aromanya Bertahan

Bukan cuma wangi, parfum juga bisa tingkatkan percaya diri.

Mengenal 5 Jenis Parfum dan Lama Aromanya Bertahanilustrasi parfum (unsplash.com/Lucas Mendes)
29 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wewangian tubuh atau biasa Anda kenal dengan Parfum biasa digunakan masyarakat dalam keseharian, baik untuk menunjang penampilan maupun menambah kepercayaan diri. Parfum memiliki beragam jenis dengan lama aroma bertahan yang berbeda-beda. 

Bukan hanya sebagai pelengkap perawatan tubuh, parfum juga banyak dibeli sebagai bagian dari koleksi bagi berbagai kalangan, pria atau wanita dari berbagai kalangan. Seperti halnya kosmetik, parfum pun menjadi sebuah komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Gramedia menuliskan bahwa dengan menggunakan parfum, kepercayaan diri seseorang akan meningkat, dan berdampak pada kualitas diri. Selain itu, parfum juga bisa membangkitkan memori dan mendukung mood baik saat melakukan kegiatan. 

Parfum juga disebut bisa mengatasi berbagai penyakit, karena bisa menenangkan jiwa dan pikiran. Sebagai contih, wewangian seperti lavender, kamomil, atau alang-alang sering digunakan sejak lama untuk meningkatkan kualitas tidur.

Untuk memahami lebih jauh tentang dunia parfum, dengan menukil dari Perfume.com, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas jenis-jenis parfum dengan ketahanannya. 

1. Eau Fraiche

Eau Fraiche pada dasarnya merupakan zat beraroma yang dapat digunakan dengan cara yang mirip dengan parfum dan wewangian. Jenis ini juga biasa dikenal dengan body mist. Dari asal katanya, Eau Fraiche berarti air segar, dan artinya jenis ini memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Persentase tertinggi kandungan minyak esensial dari parfum biasanya mencapai 22 persen, namun Eau Fraiche hanya mengandung satu sampai tiga  persen saja dan tidak memiliki kadar alkohol yang tinggi.

Dengan demikian, Eau Fraiche merupakan jenis parfum yang memiliki ketahanan paling sebentar yakni hanya 1 sampai 2 jam setelah pemakaian.

2. Eau de Cologne (EDC)

Eau de Cologne merupakan wewangian dengan kadar minyak esensial parfum mencapai persen dan kadar alkohol yang cenderung lebih tinggi daripada Eau Fraiche.

Jenis ini bisa bertahan lebih lama, sampai tiga jam dan biasanya dijual dengan kemasan yang lebih besar.

Biasanya, cologne terbentuk dari campuran berbagai minyak esensial, seperti jeruk, jeruk bali merah, jeruk nipis, neroli, lemon, melati, lavender, rosemary, sampai thyme. Eau de Cologne sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari, terutama dalam aktivitas luar ruangan yang cenderung panas.

Related Topics