NEWS

Otorita IKN Bidik Investasi Infrastruktur Rp45,5 T di Akhir Tahun

Pembangunan IKN tak hanya fokus pada bangunan fisik.

Otorita IKN Bidik Investasi Infrastruktur Rp45,5 T di Akhir TahunKondisi jalan menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama))
27 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah melalui Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menargetkan Investasi untuk proyek infrastruktur di IKN bisa menyentuh Rp45,5 triliun hingga akhir 2023.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, mengatakan bahwa target ini mengacu pada realisasi investasi yang sudah berjalan dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. “Presiden Jokowi sudah melihat kemajuan dan perkembangan proyek pembangunan yang sudah dilakukan peletakan batu pertama tahap pertama dan kedua,” kata Bambang di Penajam, pada Minggu (26/11).

Ia memperinci, investasi yang masuk dan sudah diresmikan pada pertengahan September 2022, mencapai Rp23 triliun. Sementara, pada tahap peresmian kedua, pada awal November lalu, nilai investasi pembangunan IKN yang masuk berkisar Rp12,5 triliun. Dengan demikian, total investasi yang sudah didapat saat ini nilainya mencapai Rp35,5 triliun.

Adapun, pada peletakan batu pertama tahap ketiga, yang direncakan 13-15 Desember mendatang, target nilai investasi yang masuk mencapai sekitar Rp10 triliun.

Lebih dari fisik

Desain istana negara di IKN Nusantara.
Desain istana negara di IKN Nusantara. (Instagram @nyoman_nuarta)

Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantauw, mengatakan bahwa pembangunan di IKN lebih dari sekadar infrastruktur dan tata kota secara fisik, namun juga pembangunan sumber daya manusia. “Perlu dibangun roh dari pembangunan IKN, yakni manusia dan masyarakatnya supaya siap menyaingi kota-kota dunia,” katanya.

Untuk itu, Otorita IKN telah melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar IKN, mulai dari platihan UMKM, pelatihan preacikan kopi, kelas memasak, menjahit, hingga pertanian berbasis hidroponik. Selain itu, sejumlah pelatihan literasi digital juga terus dilakukan, seperti Coding Mom, podcast, atau workshop Solar Mom.

Troy berharap, generasi muda Indonesia turut mendukung perkembangan IKN mislanya,dengan memantau perkembangan lewat media sosial resmi IKN, mengambil kesempatan untuk berpartisipasi, hingga inisiatif untuk kolaborasi dengan IKN. “Kami selalu membuka lebar kesempatan bagi anak-anak muda,” ujarnya.

Investor asing

Jokowi ucapkan terima kasih kepada konsorsium investor IKN.
Jokowi ucapkan terima kasih kepada konsorsium investor IKN. (Tangkapan layar)

Related Topics