NEWS

Pemerintah Sediakan Layanan Mudik Gratis, Cek Ketentuannya

Kemenhub menyediakan 350 bus gratis untuk 10.500 pemudik.

Pemerintah Sediakan Layanan Mudik Gratis, Cek KetentuannyaMenhub Budi Karya Sumadi mendampingi Menko PMK, Muhadjir Effendy, melakukan inspeksi angkutan Lebaran 2022. (dok. Kemenhub)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah akan menyelenggarakan program mudik gratis dengan kereta api dan bus. Selain itu, ada pula angkutan truk untuk membawa sepeda motor secara gratis.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyarankan agar layanan angkut kendaraan disediakan dalam gerbong khusus kreta api.

“Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kemenhub, Jumat (8/4).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menambahkan layanan angkut sepeda motor dengan kereta api akan diberikan gratis. “Hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta,” ucapnya. “Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya juga.”

Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI diminta lakukan persiapan

Menhub saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda kereta api Stasiun Paledang Bogor–Stasiun Cicurug Sukabumi pada Minggu (3/4).Menhub saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda kereta api Stasiun Paledang Bogor–Stasiun Cicurug Sukabumi pada Minggu (3/4). (dok. Kemenhub)

Menhub meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI mempersiapkan layanan angkutan dengan baik. Terlebih diprediksi akan ada 8 jutaan penumpang pada musim mudik tahun ini.

“Seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakamn upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu," kata Menhub.

Layanan kesehatan di sejumlah lokasi

Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3).Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)