NEWS

Pemerintah Selesaikan Sodetan Kali Ciliwung Untuk Atasi Banjir Jakarta

Presiden targetkan sodetan kali Ciliwung selesai April 2023.

Pemerintah Selesaikan Sodetan Kali Ciliwung Untuk Atasi Banjir JakartaPresiden Jokowi meninjau progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke KBT, Jakarta, Selasa (24/1). (dok. Humas Setkab)
24 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masalah banjir Jakarta diselesaikan dari hulu hingga ke hilir. Setelah pembangunan beberapa bendungan di hulu, pemerintah tengah menyelesaikan sodetan Kali Ciliwung yang ada di tengah kota Jakarta.

“Sebentar lagi akan selesai ini mungkin April, insyaallah sudah selesai sodetan Ciliwung, yang sudah berhenti enam tahun. Ini kemarin 1,5 bulan telah dibebaskan lahan di sini, sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya dan kita harapkan nanti di April insyaallah sudah selesai,” kata Jokowi saat meninjau langsung progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta, Selasa (24/1).

Menurutnya, keberadaan sodetan Ciliwung akan mengurangi banyak sekali genangan dan lahan banjir di Jakarta. “Dari Sungai Ciliwung kalau sudah dibuka siaga empat, itu (sodetan Ciliwung) akan mengurangi 33 meter kubik per detik, besar sekali. Kemudian, kalau pada siaga satu, 63 meter kubik per detik, gede sekali,” katanya.

Hal in berkaitan dengan ukuran sodetan yang cukup besar untuk mengakomodir luapan air di Jakarta. “Karena terowongan ini salurannya ini 3,5 meter (dua), kanan 3,5 meter, kiri terowongannya 3,5 meter, sepanjang 1,2 km,” ujarnya.

Penyelesaian lapis ketiga

Proyek Sodetan Kali Ciliwung.
Proyek Sodetan Kali Ciliwung. (Tangkapan layar)

Sodetan kali Ciliwung sebenarnya berada di tengah kota Jakarta. Sebelumnya, pemerintah berupaya mengatasi di hulu dengan membangun sejumlah bendungan seperti Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Bila banjir masih terjadi, upaya lain mengatasi banjir Jakarta langsung dialihkan ke pompa yang berada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung. Sungai yang saat ini dinormalisasi, menurut Jokowi ada 12, seperti Mookervart, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang, dan yang lainnya.

“Plus, yang di Utara banjir rob, baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall, itu juga segera harus dimulai. Saya sudah perintahkan ke Gubernur DKI. Sudah,” kata Jokowi. “Bukan pekerjaan yang mudah, tapi kalau konsisten kita kerjakan akan mengurangi, mengurangi, mengurangi, mengurangi, sampai nanti akhirnya hilang.”

Proses bertahap

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke KBT, Jakarta, Selasa (24/1).
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke KBT, Jakarta, Selasa (24/1). (dok. Humas Setkab)

Related Topics