Comscore Tracker
NEWS

Pintu Masuk Indonesia Dibuka, Australia Sumbang Wisman Terbanyak

Kedatangan wisman bersamaan dengan relaksasi PPLN

Pintu Masuk Indonesia Dibuka, Australia Sumbang Wisman TerbanyakMenparekraf/Kepala Barekraf, Sandiaga Uno. (Dok. Kemenparekraf)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Wisatawan mancanegara (wisman) kembali bebas mengunjungi Indonesia setelah berbagai pintu masuk internasional kembali dibuka. Australia menjadi salah satu asal negara yang menyumbang kunjungan wisatawan terbanyak ke Indonesia, khususnya pulau Dewata, Bali.

Berdasarkan data Kemenparekraf, sejak pintu masuk Indonesia dibuka pada 8 Maret - 3 April, kedatangan PPLN ke Indonesia tercatat 12.000 orang, dengan 63 persen warga negara asing (WNA).

“Australia menempati posisi pertama dengan capaian 21,4 persen dan Alhamdulilah, positivity rate-nya adalah salah satu yang sangat rendah karena tingkat vaksinasi yang tinggi,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S. Uno dalam keterangan pers, Senin (11/4)

Melonjaknya permintaan wisman Australia juga disebabkan oleh sejumlah relaksasi kebijakan pemerintah, seperti kemudahan aturan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pembebasan karantina, peniadaan PCR-test saat kedatangan, serta perluasan visa on arrival (VoA) bagi 43 negara, termasuk Australia.

Menurut Sandiaga, pelonggaran perjalanan luar negeri yang dilakukan Indonesia secara bertahap,dan berkelanjutan, sangat perlu untuk ditindaklanjuti dengan upaya mengembalikan kepercayaan wisman untuk berkunjung ke Indonesia.

“Sekarang wisman bisa lebih leluasa berkegiatan pariwisata (di Indonesia) dan tentunya juga akan mendorong kebangkitan dan pemulihan sektor ekonomi kita,” katanya.

Antusiasme masyarakat Australia ke Indonesia cukup besar

Sandiaga mengatakan, antusiasme masyarakat dan pelaku industri pariwisata Australia ke Indonesia cukup besar. Ia meyakini target 1,4 juta kedatangan wisatawan berkualitas asal Australia dapat terpenuhi dalam beberapa periode ke depan.

Salah satu maskapai Australia, yakni Jetstar, telah mengoperasikan tiga rute penerbangan langsung ke Bali. Perinciannya, tiga kali per minggu dari Melbourne dan Sydney, serta setiap hari dari Perth.

“Saya melihat kebangkitan ada di depan mata kita, kepulihan sektor ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif dan tentunya penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat,” katanya.

Kegiatan pariwisata dilakukan dalam bingkai prokes

Sesuai arahan Presiden Jokowi, setiap kegiatan pariwisata–termasuk event-event pameran dan konser musik–dapat dilakukan dalam bingkai protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat dan disiplin, mengacu pada PPKM, dan terintegrasi dengan PeduliLindungi.

“Saya juga melihat bahwa event-event sports sekelas MotoGP yang berhasil kita laksanakan dan tidak terjadi penambahan jumlah kasus (Covid-19) ini, akan diikuti oleh gelaran-gelaran lain,” ucapnya.

Perkembangan yang dinilai baik ini, menurut Sandiaga adalah angin segar bagi ekonomi kreatif dan pariwisata di Indonesia. “Kita ingin betul-betul, pariwisata ini, bisa menjadi tatanan kenormalan baru pasca pandemi, dengan menghadirkan peluang ekonomi baru,” ujarnya.

Data harian perkembangan penanganan Covid-19

Berdasarkan data Kemenkes, jumlah kasus harian yang terkonfirmasi positif bertambah 1.196 kasus per Senin (11/4). Meskipun jumlah konfirmasi ini naik dari hari sebelumnya di angka 1.071, namun secara kasus harian mengalami penurunan sebesar 2.830 kasus. Hal ini, diikuti juga dengan angka kesembuhan yang bertambah 3.978 jiwa dengan total mencapai 5.808.380 jiwa.

Untuk spesimen yang berhasil diperiksa hingga Senin (11/4), mencapai 129.600, trerdiri dari 21.077 RT-PCR, 262 tes cepat molekular, dan 108.261 antigen. Hasilnya, dari RT-PCR terdapat 1.364 spesimen positif dan dari antigen terdapat 797 spesimen positif.

Uji laboratorium pun melaporkan bahwa terdapat 5 spesimen invalid dan inkonklusif, sehingga positivity ratespesimen harian Covid-19 di Indonesia mencapai 1,71 persen.

Related Articles