NEWS

RTB di Dunia Penerbangan: Pengertian, Faktor Penyebab, dan Syaratnya

RTB tidak diharapkan terjadi tapi harus dipersiapkan.

RTB di Dunia Penerbangan: Pengertian, Faktor Penyebab, dan SyaratnyaIlustrasi kokpit pesawat. 123RF
16 May 2024

Jakarta, FORTUNE – Pesawat Garuda indonesia B747-400 (ER-BOS) yang bawa jemaah haji dari Makassar, mengalami kerusakan mesin beberapa saat setelah lepas landas, Rabu (15/5). Kondisi ini membuat pesawat itu harus kembali ke bandara keberangkatan atau melakukan prosedur Return To Base (RTB).

Menurut keterangan Garuda Indonesia, RTB diterapkan setelah Pilot in Command (PIC) merasa perlu mengambil langkah mitigasi risiko setelah percikan api terlihat pada salah satu mesin. “Dengan mempertimbangkan kondisi kendala mesin pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Irfan Setiaputra.

Langkah RTB dinilai tepat, bahkan menjadi faktor penting yang menyelamatkan para penumpang dari kejadian yang tidak diduga, meski perusahaan sudah melakukan berbagai langkah pencegahan sebelum keberangkatan.

Berikut ulasan singkat RTB dengan melansir dari berbagai sumber.

Pengertian

Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)

Cambridge Dictionary mengartikan istilah RTB sebagai perjanjian untuk mengembalikan sebuah barang atau jasa ke tempat asalnya, untuk diperbaiki atau diganti. Namun, dalam perkembangannya, istilah ini justru kerap digunakan dalam dunia Penerbangan sebagai perintah untuk kembali ke pangkalan atau bandara awal sesuai arahan dari pusat komunikasi.

Jurnal Manajemen Dirgantara menuliskan bahwa RTB adalah sebuah kondisi di mana pesawat yang sudah terbang untuk beberapa saat, harus kembali lagi ke  bandara awal keberangkatan atau bandara alternatif terdekat karena alasan tertentu. Hal ini terpaksa dilakukan karena beberapa sebab darurat.

Sebab

Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia. (dok. Garuda Indonesia)

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.