NEWS

Harga Tes PCR Dapat ditekan Hingga Kurang dari Rp200 ribu

Harga tes PCR Indonesia saat ini Rp275 ribu.

Harga Tes PCR Dapat ditekan Hingga Kurang dari Rp200 ribuANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc
by
09 November 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Walau pemerintah baru saja menurunkan ketentuan batas atas harga tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) menjadi Rp275 ribu untuk Jawa dan Bali, serta Rp300 ribu untuk luar Jawa–Bali, hal ini masih patut dipertanyakan. Pasalnya, harga pemeriksaan serupa di India hanya berkisar Rp160 ribu.

“Harga PCR seharusnya bisa di bawah Rp200 ribu, bahkan ketika harga mahal itu di Maret dan April 2021 saja sudah bisa di bawah Rp200 ribu,” kata anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama holding farmasi BUMN, Selasa (9/11).

Tuntutannya dapat menekan harga tes PCR ke bawah Rp200 ribu, kata Andre, bukan tanpa alasan. Menurutnya, Harga Pokok Penjualan (HPP) dari tes ini hanya sekitar Rp100 ribu. 

Andre menjelaskan, untuk saat ini dalam membangun laboratorium tes PCR tidak membutuhkan biaya hingga miliaran rupiah. Pasalnya, ia mengungkapkan, untuk harga mesin yang dibutuhkan mengolah sampel dan mengektraksi hanya seharga Rp250 juta. Bahkan, menurutnya, saat ini pabrik-pabrik telah menawarkan skema untuk peminjaman mesin dengan beberapa syarat.

“Sehingga cukup lab-lab kita beli kitnya saja, menyediakan kitnya saja, dan mesinnya dipinjamkan secara gratis oleh pabrik,” ujarnya.

Selain itu, dia pun memaparkan harga dari komponen-komponen yang digunakan dalam tes PCR. Mulai dari viral transport medium (VTM) harganya sekitar Rp10 ribu, PCR kit reagent dihargai Rp65 ribu, dan cairan ekstraksinya seharga Rp10 ribu. “Anggap saja untuk modal Rp100 ribu dari PCR kit, biaya nakes dan APD, serta untung anggap Rp50 ribu–Rp70 ribu. Jadi harga PCR seharusnya bisa di bawah Rp200 ribu,” kata Andre.

Dengan harga PCR di bawah Rp200 ribu, menurut Andre, pelaku bisnis tes PCR masih mendapatkan untung. Dia menyebut, harga keekonomian dari tes PCR di Indonesia berkisar Rp170–Rp180 ribu.

Riwayat harga tes PCR di Indonesia

Seperti diketahui, harga tes PCR juga terus mengalami perubahan. Saat ini untuk kawasan Jawa dan Bali dipatok Rp275 ribu. Pada awal pandemi, harga PCR sempat menyentuh Rp2,5 juta. 

Tingginya harga tes menjadi kian problematis ketika hasilnya harus dilampirkan sebelum melakukan perjalanan udara. Aturan tersebut tertuang pada Surat Edaran (SE) No. 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). 

Guna menyelesaikan masalah tersebut, pemerintah akhirnya menurunkan harga tes PCR menjadi, maksimal, Rp 900 ribu pada Agustus 2020. Penurunan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang batasan tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR. 

Sementara itu, anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron, pun menyebut harga tes PCR di Indonesia bisa ditekan hingga di bawah Rp200 ribu. Pasalnya, Rp275 ribu masih dinilai memberatkan. “Dengan membeli masker sudah berat masyarakat, itu sudah berat. Apalagi harus dibebani dengan berbagai aturan protokol kesehatan COVID-19,” ujarnya.

Bio Farma dukung tes PCR lebih terjangkau

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, pun menanggapi ihwal fluktuasi harga tes PCR di Indonesia. Menurutnya, mahalnya harga PCR saat awal pandemi disebabkan oleh kebingungan serta ketidaksiapan dalam mendeteksi COVID-19. “Tapi kembali ke tadi itu semua bertahap. Kita belajar apa gejalanya, sehingga kita proses yang benar-benar kita tahu,” katanya.

Selain itu, Honesti mengatakan keterbatasan alat tes PCR menyebabkan biaya tinggi. Sebab, kata dia, berlaku prinsip suplai dan permintaan.  “Demand-nya besar, alatnya belum ada. Jadi, itu harganya ke mekanisme pasar,” ujarnya.

Honesti mengatakan salah satu tujuan dari holding farmasi BUMN dibentuk adalah membantu menstabilkan harga layanan kesehatan di Indonesia. Terkait harga PCR, Honesti pun mendukung harga tes PCR dapat ditekan agar dapat dijangkau masyarakat. 

Related Topics