NEWS

MGC Subsidi Dihentikan, Kemenperin Jamin Harga Migor Bisa Terjangkau

Pemerintah akan kembali memberlakukan skema DMO dan DPO.

MGC Subsidi Dihentikan, Kemenperin Jamin Harga Migor Bisa TerjangkauDirektur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika (tenga) saat bincang dengan rekan-rekan media terkait realisasi subsidi minyak goreng curah di kantornya, Jakarta, Senin (30/5). (Eko Wahyudi/Fortune Indonesia).
by
30 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan mulai 1 Juni 2022 akan menghentikan pendistribusian minyak goreng curah (MGC) subsidi, dalam kerangka pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS.

Kendati demikian, kementerian memastikan harga minyak goreng dipasaran akan semakin terjangkau. “Ini bukan berarti penyediaan minyak goreng terjangkau kepada masyarakat dihentikan, tetapi dilanjutkan dengan skema DMO dan DPO,” Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika saat bincang di kantornya, Jakarta, Senin (30/5).

Pemerintah sebelumnya menyetop subsidi minyak goreng per 31 Mei dan menggantikannya dengan mekanisme domestic market obligation (DMO) serta domestic price obligation (DPO). 

Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 26 Tahun 2022 tentang Terminasi Penghentian Program Penyediaan Minyak Goreng Curah dalam Rangka Pembiayaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada 24 Mei lalu. Beleid itu mengatur DMO dan DPO. 

Sebelumnya selisih harga keekonomian minyak goreng curah dengan harga HET Rp14.000 per liter ditanggung oleh BPDPKS. Namun saat ini berbeda, Putu mengatakan hal itu guna mempersingkat jalur administrasi.

"Sekarang itu pengorbanannya langsung oleh perusahaan industri. Jadi nanti harus ditentukan berapa harus diterima CPO-nya di tingkat pabrik minyak goreng atau yang disebut dengan DPO. Demikian dengan minyak gorengnya di tingkat distributor," ujar dia.

Realisasi penyaluran minyak goreng curah subsidi

Meski subsidi ditiadakan, Putu memastikan harga minyak goreng curah bisa dibeli masyarakat dengan harga Rp14 ribu per liter. Hal ini bisa ditemui melalui program minyak goreng rakyat dengan harga jual di kisaran Rp14 ribu per liter.

Hingga Senin (30/5) pukul 14.55 WIB, total minyak goreng curah subsidi yang sudah tersalurkan dari periode sejak program ini berjalan yakni sebesar 442 ribu ton dari target yang harus dicapai 538 ribu ton. Adapun jumlah perusahaan yang sudah kontrak sebanyak 75.

Sejalan dengan itu, ia mengklaim distribusi minyak goreng juga semakin meluas. Saat ini, ada 75 produsen minyak goreng dengan 1.669 distributor dan 27.449 pengecer telah tersebar di seluruh Indonesia.

Selain dari segi jumlah pemasok, Putu menyatakan pengiriman rata-rata per hari kerja meningkat dan konsisten dari Maret sampai Mei. Pada Mei, rata-rata penyaluran pada hari kerja sebesar 9.159 ton dan April sebesar 9.166 ton.

“Ini sudah jauh meningkat dan konsisten dibanding Maret yang hanya rata-rata 4.613 ton per hari kerja,” kata Ardika.

Perusahaan ajukan hak konversi ekspor

Pedagang mengangkut jeriken berisi minyak goreng curah yang dibeli saat digelar operasi pasar di Pasar Dungus, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (24/3/2022). ANTARA FOTO/Siswowidodo

Related Topics