Comscore Tracker
NEWS

Daftar 10 Kota Terpadat di Dunia, Ada Jakarta?

Istanbul, Turki di urutan pertama, diikuti Moscow, Rusia.

Daftar 10 Kota Terpadat di Dunia, Ada Jakarta?Aktivitas warga Turki di jalanan Tua Istanbul. Shutterstock/Phuong D. Nguyen

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Daftar kota-kota terpadat di dunia, pikir Anda, barangkali akan menempatkan Jakarta ke dalam urutannya. Ternyata, hal tersebut tidak sepenuhnya. Sebab, meski tiap hari Jakarta tak nyaris tak pernah sepi, ia bukan lah salah satu kota paling sesak di dunia. 

Tingkat epadatan sebuah kota, yang indikator dan metriksnya berberdabeda, telah berulangkali diperbandingkan oleh berbagai lembaga. Salah satunya oleh Tomtom, perusahaan multinasional Belanda yang membuat dan mengembangkan teknologi lokasi dan elektronik konsumen.

Tiap tahun, mereka rutin mengeluarkan indesk lalu lintas untuk menngukur tingkat kepadatan kota-kota dunia. Awal tahun ini, tepatnya pada Februari 2022, Indeks Lalu Lintas TomTom 2021 melihat bagaimana pembukaan kembali pasca lockdown Covid-19 berdampak pada kemacetan di  berbagai kota di seluruh dunia.

Meski demikian, tingkat kemacetan global secara umum masih 10 persen lebih rendah dari tahun 2019, sebelum pandemi melanda. Selama jam sibuk, jam sibuk, tingkat kemacetan global juga 19 persen di bawah angka sebelum pandemi. Menurut data TomTom, hanya 17  dari 404 kota yang menunjjukan kemacetan lebih buruk.

Dalam daftar tersebut, kota Istanbul, Turki, menempati posisi nomor satu sebagai kota paling padat di dunia, dengan tingkat kemacetan rata-rata 62 persen. Berada di posisi kedua adalah Moscow, Rusia, yang pada tahun sebelumnya menempati posisi pertama. Tingkat kemacetan Rusia pada 2021 mencapai 54 persen, turun dari tahun sebelumnya yang 61 persen.

Daftar kota terpadat di dunia

Berikut daftar lengkap kota-kota terpadat di dunia berdasarkan Indeks Lalu-lintas TomTom

  • Istanbul, Turki dengan tingkat kemacetan 62 persen
  • Moskow, Rusia dengan kemacetan 54 persen
  • Kyiv, Ukraina dengan tingkat kemacetan 56 persen
  • Bogota, Colombia dengan tingkat kemacetan 55 persen
  • Mumbai, India dengan tingkat kemacetan 53 persen
  • Oddesa, Ukraina dengan tingkat kemacetan 51 persen
  • Saint Petersburg, Rusia dengan tingkat kemacetan 50 persen
  • Bucharest, Rumania dengan tingkat kemacetan 50 persen
  • Novosibirsk, Rusia dengan tingkat kemacetan 48 persen
  • Bengaluru, India dengan tingkat kemacetan 48 persen

Itulah daftar kota terpadat di dunia yang sudah dirangkum. Semoga membantu.

Baca juga10 Kota Termahal Di Dunia Untuk Ditinggali, Ada Jakarta?

Related Articles