NEWS

Pemerintah Tawarkan Sukuk Wakaf Ritel SWR003, Simak Cara Belinya

SWR003 berkupon 5,05 persen.

Pemerintah Tawarkan Sukuk Wakaf Ritel SWR003, Simak Cara BelinyaPenerbitan Sukuk Global. (Shutterstock/Nor Sham Soyod)
11 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah membuka masa penawaran Sukuk Wakaf Ritel seri SWR003 dengan kupon 5,05 persen dalam rangka membantu pengembangan investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan terdapat setidaknya tiga manfaat dalam berinvestasi di SWR003 yakni instrumen kebaikan untuk diri sendiri di hari ini maupun masa yang akan datang, manfaat untuk Mahkum Alaih atau penerima yang disalurkan melalui para Nazhir, dan turut serta membantu negara dalam membangun infrastruktur.

"SWR003 diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia yang ingin menjadikan investasinya sebagai instrumen bernilai lebih dari sebuah kebaikan," ujarnya dalam Pembukaan Masa Penawaran SWR003, Senin (11/4).

Adapun SWR003 ditawarkan dengan jenis akad wakalah, tanpa warkat, dan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder selama dua tahun yang akan diterbitkan pada 13 Juli 2022 sampai 10 Juli 2024. Sukuk Wakaf Ritel ini bisa dipesan mulai dari Rp1 juta hingga jumlah yang tak terbatas sampai batas akhir penawaran pada 7 Juli 2022 pukul 10.00 WIB.

Imbalan yang diberikan sebesar 5,05 persen bersifat tetap akan disalurkan untuk program atau kegiatan sosial yang dikelola oleh Nazhir, di mana tanggal pembayaran kupon pertama yakni 10 Agustus 2022 dan selanjutnya akan dibayarkan setiap tanggal 10 per bulannya.

Cara beli

Luky menyebutkan investor lama maupun investor baru dapat memesan sukuk ritel secara luring maupun daring melalui enam mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah yakni PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Bank Muamalat Indonesia, PT Bank Mega Syariah, PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank CIMB Niaga (Unit Usaha Syariah–PT Bank CIMB Niaga), dan PT Bank Permata (Unit Usaha Syariah-PT Bank Permata).

Penerbitan Sukuk Wakaf Ritel seri SWR003 dikelola berdasarkan prinsip syariah, serta telah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Adapun cara beli Sukuk Wakaf Ritel Seri SWR003 sebagai berikut:

  1. Lakukan registrasi atau pendaftaran di 6 mitra distribusi dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor Single Investor Identification, nomor rekening efek, serta melakukan registrasi e-SBN di internet banking atau mobile banking mitra distribusi. Calon wakif mendapatkan notifikasi terdaftar pada e-SBN dari mitra distribusi. Layanan pembelian internet banking tersedia di BSI, Muamalat, dan Permata Syariah. Sementara penawaran SWR003 di mobile banking ada di CIMB Niaga.
  2. Setelah registrasi berhasil, pemesanan dapat dilakukan calon investordengan terlebih dahulu membaca ketentuan dalam memorandum Informasi dan menyetujui akta ikrar wakaf. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran, yakni hingga tanggal 7 Juli 2022 pukul 10.00 WIB.
  3. Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Anda akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email atau SMS sesuai kebijakan masing-masing mitra. Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.
  4. Setelah pembayaran, kamu akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order. Serta akan memperoleh alokasi SWR003 pada tanggal setelmen atau penerbitan. Setelah tanggal setelmen, Anda akan menerima sertifikat wakaf uang melalui email.
     

Related Topics