NEWS

Waspada! Kegiatan Usaha BBH Indonesia dan Smart Wallet Dihentikan

BBH Indonesia tawarkan pekerjaan dengan deposit.

Waspada! Kegiatan Usaha BBH Indonesia dan Smart Wallet DihentikanShutterstock/Know How
18 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas Pasti menghentikan kegiatan usaha Bartle Bogle Hegarty (BBH) Indonesia dan Smart Wallet. Keduanya terindikasi melakukan aktivitas penipuan dan tidak memiliki izin otoritas terkait.

Sekretariat Satgas PASTI, Hudiyanto menjelaskan, entitas  BBH Indonesia telah beredar di Indonesia mencatut nama Bartle Bogle Hegarty (BBH) yang merupakan agensi periklanan di Inggris. 

“BBH Indonesia menawarkan pekerjaan paruh waktu dengan cara pengunduhan aplikasi yang telah disediakan,” kata Hudiyanto melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (18/3).

BBH Indonesia menawarkan pekerjaan dengan deposit

Ilustrasi pekerjaan pandemi.
Ilustrasi pekerjaan pandemi. (Pixabay/Comfreak)

Lebih lanjut Ia menjelaskan, BBH Indonesia menjanjikan pendapatan secara harian dan kemudian meminta deposit bagi anggotanya. BBH Indonesia menerapkan sistem member-get-member dan menjanjikan bonus secara berjenjang. BBH Indonesia juga menggunakan figur warga negara asing dalam rapat-rapat yang diadakan untuk dapat meyakinkan para anggotanya.

“Setelah dilakukan verifikasi, melakukan rapat koordinasi dan melakukan pemanggilan beberapa pimpinan cabang BBH Indonesia, Satgas PASTI menyimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan BBH Indonesia merupakan aktivitas penipuan dan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin yang dimilikinya sebagaimana yang dikeluarkan oleh Kementerian Investasi/BKPM,” jelas Hudiyanto.

Satgas PASTI jugan telah melakukan tindakan antara lain pemblokiran akses dan link/URL, pemblokiran terhadap nomor rekening terkait, dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.

Smart Wallet himpun dana berkedok robot trading

Ilustrasi robot trading.
Ilustrasi robot trading. (ShutterStock/Tatiana Shepeleva)

Related Topics