Comscore Tracker
SHARIA

Astra Life Rilis Produk Baru, Perkuat Segmen Syariah

ASLI Asya Proteksi Syariah resmi diluncurkan.

Astra Life Rilis Produk Baru, Perkuat Segmen SyariahIlustrasi Operasional Astra Life/Astra Life Syariah/Dok Astra Life

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) terus memperluas segmen syariah. Kali ini, Astra Life meluncurkan ASLI Asya Proteksi Syariah yang merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) berdasarkan prinsip syariah. Sebelumnya, pada kuartal pertama tahun ini, Astra Life meluncurkan produk asuransi kredit syariah dan asuransi jiwa murni syariah. 

Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi menyampaikan, peluncuran ASLI Asya Proteksi Syariah selaras dengan fokus Astra Life untuk mengembangkan Unit Syariah yang telah menjadi salah satu fokus perusahaan sejak awal 2022.

"Perluasan produk asuransi berbasis Syariah ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan kebutuhan perlindungan jiwa yang menyeluruh bagi semua segmen masyarakat," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (26/8).

ASLI Asya Proteksi Syariah menghadirkan beragam manfaat perlindungan, yaitu manfaat asuransi tutup usia, terminal illness, cacat total dan tetap serta tambahan manfaat tutup usia karena kecelakaan dalam periode mudik lebaran. Sebagai produk unit link, terdapat porsi kontribusi yang akan dialokasikan untuk investasi penempatan pada subdana-subdana syariah yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasinya. 

Alokasi investasi pada ASLI Asya Proteksi Syariah ini adalah 50 persen pada tahun pertama dan akan meningkat hingga 100 persen pada tahun polis ke-4, sehingga diproyeksikan manfaat investasi akan lebih optimal serta membawa keberkahan karena dikelola sesuai dengan prinsip Syariah.

Fitur lainnya pada ASLI Asya Proteksi Syariah adalah manfaat bonus loyalitas dan investment booster yang akan diberikan pada tahun polis ke-11 dan tahun polis ke-16 serta distribusi surplus underwriting dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. 

Untuk memberikan perlindungan secara optimum, tersedia berbagai pilihan asuransi tambahan (rider) seperti Asuransi Tambahan Kecelakaan Diri+ Syariah, Asuransi Tambahan Penyakit Kritis+ Syariah, hingga Death Contribution Waiver Syariah serta Total Permanent Disability Contribution Waiver Syariah berupa pembebasan pembayaran kontribusi dasar berkala dan kontribusi investasi berkala jika pemegang polis mengalami tutup usia, cacat total dan tetap. 

Nilai kontribusi dasar berkala mulai dari Rp6 juta per tahun

ASLI Asya Proteksi Syariah tersedia dengan nilai kontribusi dasar berkala mulai dari Rp6 juta per tahun dengan pilihan frekuensi pembayaran mulai dari bulanan, kuartalan, semesteran hingga tahunan. Adapun nilai dari kontribusi investasi berkala atau tunggal mulai dari Rp1 juta per tahun, dan syarat usia pemegang polis mulai dari 18 hingga 99 tahun. 

"Untuk memastikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah, ASLI Asya Proteksi Syariah juga telah tercatat dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Windawati.

Untuk diketahui, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatatkan pertumbuhan kinerja positif pada semester I-2022. Total aset perusahaan tumbuh 11 persen dari Rp6,6 triliun di semester I-2021 menjadi Rp7,4 triliun pada semester I-2022.

Pertumbuhan positif Astra Life pada semester I tahun ini juga ditunjukkan oleh beberapa indikator kunci lainnya seperti nilai Gross Written Premium/GWP yang tetap menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 3 persen di tengah kondisi makro ekonomi yang masih cenderung fluktuatif. Total tertanggung Astra Life pun tumbuh sebesar 13 persen di Semester I-2022 dibandingkan Semester I 2021.

Astra Life juga telah memenuhi kewajibannya kepada nasabah melalui pembayaran klaim sebesar Rp314 miliar dan tetap mampu mempertahankan tingkat solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) di angka 306 persen, jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120 persen.

Windawati mengungkapkan, sebagai dampak dari konsistensi dalam pengembangan beragam kanal distribusi, pada semester I 2022 Astra Life telah membukukan total tertanggung 3,72 juta jiwa, tumbuh 13 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebanyak 3,3 juta jiwa. 

Semester I 2022 juga menjadi momentum untuk Astra Life meluncurkan berbagai produk, seperti AVA Life Protection,  AVA CreditPlus Protection, Flexi Hospital & Surgical, AVA iFamily Protection Syariah, dan mengoptimalkan kanal digital.

Related Articles