Comscore Tracker
SHARIA

BSI Dorong CASA Lewat Penetrasi Tabungan Wadiah

Tabungan Wadiah paling diminati nasabah.

BSI Dorong CASA Lewat Penetrasi Tabungan WadiahShutterStock/Farzand01

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong peningkatan Current Account and Saving Account (CASA) atau dana murah dengan penetrasi tabungan wadiah di masyarakat. Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, tabungan Wadiah merupakan produk simpanan BSI yang paling diminati oleh nasabah. 

Untuk itu, perseroan terus memperkuat penetrasi produk melalui berbagai inovasi yang sejalan dengan semangat BSI dalam meningkatkan literasi keuangan syariah. Wadiah bersifat titipan sehingga nasabah yang membuka rekening dengan akad wadiah, tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

"Tabungan wadiah tidak ada biaya administrasi tetapi bisa menikmati layanan BSI Mobile, bebas biaya tarik tunai di ATM yang berlogo Bank Mandiri," kata Anton dalam keterangan pers, dikutip Selasa (9/8).

BSI juga membuat program khusus untuk tabungan ini, yakni 100% Kebaikan Tabungan BSI Easy Wadiah. Produk diluncurkan pada gelaran Islamic Book Fair 2022 Life With BSI. Melalui Islamic Book Fair 2022 Life With BSI, Program 100% Kebaikan menawarkan berbagai promosi menarik. Salah satunya pembukaan rekening online BSI Tabungan Easy Wadiah akan sekaligus berkesempatan berdonasi buku Rp25 ribu pada sekolah binaan BSI Maslahat dan keuntungan lainnya.

Keunggulan Tabungan Wadiah

Anton mengatakan, Tabungan Wadiah dikelola dengan prinsip yad dhamanah. Tabungan Wadiah Bank BSI menggunakan skema penitipan. Maksudnya penitipan adalah nasabah bertindak sebagai penitip dana dan memberikan amanah kepada pihak bank untuk memanfaatkan dana tersebut.

Selain itu, pada tabungan wadiah, tidak ada perjanjian pemberian bonus. Namun, pihak bank bisa saja memberikan insentif secara sukarela tanpa melalui kesepakatan. Artinya, tabungan wadiah tidak ditujukan untuk menambah nilai tabungan, tapi hanya menabung saja. 

Keunggulan dan kekhasan yang dimiliki produk tabungan Wadiah mendorong pertumbuhan solid kinerja tabungan BSI. Per Maret 2022, BSI mencatat volume dana tabungan secara keseluruhan mencapai Rp100,73 triliun atau tumbuh 15,48 persen. Capaian ini menjadikan Tabungan Wadiah BSI menduduki peringkat top 5 secara nasional. 

Related Articles