Comscore Tracker
SHARIA

Muslimah Creative Day 2022, Ruang Industri Kreatif Berkelanjutan

Ajang etalase produk kreatif dan berjejaring.

Muslimah Creative Day 2022, Ruang Industri Kreatif BerkelanjutanMural karya Chiki Fawzi dipamerkan di Muslimah Creative Day 2022. Instagram/scarf_media

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Muslimah Creative Day 2022 kembali digelar secara offline di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Acara digelar selama empat hari, mulai 23-26 Juni 2022. Acara yang menjadi wadah bagi ruang industri kreatif Tanah Air digagas oleh Scarf Media dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-10.

"Melalui acara ini kami memberikan ruang tidak hanya mengembangkan usaha tapi, juga untuk bisa berjejaring di kegiatan ini,” kata Temi Sumarlin CEO Scarf, dalam keterangannya, dikutip Jumat (24/6).

Mengusung tema “Creative Sustainability” acara ini menjadi tahun kedua digelar secara langsung, setelah sebelumnya digelar secara virtual. Temi mengatakan, creative sustainability tengah menjadi isu hangat secara global dan jadi perhatian khusus para pelaku industri kreatif.

"Tema-tema sustainability dituangkan ke berbagai tema-tema yang ada di sini,” katanya.

Salah satunya dalam instalasi berbagai produk yang terbuat dari limbah dan barang-barang bekas karya komunitas Gradasi. Instalasi seni  menarik lainnya dibuat oleh Kreasi Kriya yang memamerkan kerajinan home and decor yang keberlanjutan.

Lebih dari etalase produk kreatif

Muslimah Creative Day 2022 ini, kata dia, tidak hanya jadi etalase bagi produk kreatif muslimah, tapi juga menjadi tempat muslimah berjejaring dan terkoneksi untuk saling memberikan manfaat.

"Kami mendorong potensi kreatif dari muslimah di Indonesia untuk terus berkembang, semoga Muslimah Creative Day selalu bisa menjadi wadah tersebut,” ujar Temi.

Lebih dari 100 booth meramaikan bazaar fashion, makanan, hobi, bahkan ada dari industri kesehatan syariah, aplikasi dan instalasi seni yang akan dipamerkan dalam kegiatan tersebut.

"Kami menyiapkan lebih dari 15.000 produk dan goodie bags sponsor yang dibagikan secara gratis pada pengunjung dan ada ratusan emas yang akan diberikan bagi pengunjung yang beruntung," katanya.

Di lokasi acara juga tersedia booth kesehatan akan ada fasilitas cek asam urat, kolesterol, dan gula darah sewaktu secara gratis. Tidak kalah menarik, rangkaian acara diisi talk show sejumlah nama seperti Fery Farhati Baswedan istri Gubernur DKI Jakarta selaku founder Ibu Ibukota dan Sri Bahlil founder Hanida yang juga Istri Menteri Investasi, serta sejumlah influencer.

Ajang tersebut juga dimeriahkan sejumlah jenama lokal di bidang fesyen di antaranya Mandja by Ivan Gunawan, Kamiidea, Vivi Zubedi, serta puluhan jenama lainnya.

Di akhir acara akan ada fashion show yang menampilkan koleksi ready to wear dari sejumlah brand seperti Ladycrown, Ivan Gunawan, Vivi Zubedi, Maima Indonesia, AM by Anggiasari, dan Chayra. Seluruh rangkaian acara bisa diikuti pengunjung hingga 26 Juni 2022 secara gratis.

"Mudah-mudahan acara ini bisa menjadi wadah bagi para Muslimah preneur dan bisa ada perubahan untuk ke depannya," kata Temi.

Related Articles