Comscore Tracker
SHARIA

Muslim Fashion Festival 2022 Kembali Digelar, Bidik Transaksi Rp35 M

Muffest 2022 ditargetkan bisa menarik 40.000 pengunjung.

Muslim Fashion Festival 2022 Kembali Digelar, Bidik Transaksi Rp35 MMuslim Fashion Festival 2022 (Muffest)

by Ekarina

Jakarta, FORTUNE - Muslim Fashion Festival (MUFFEST) akan kembali digelar di Jakarta seiring optimisme kebangkitan industri fesyen muslim Indonesia pasca pandemi. Event yang diadakan 21-23 April 2022 ini akan menghadirkan rangkaian acara berupa fashion show menampilkan karya lebih dari 100 desainer, trade-expo dengan partisipasi lebih dari 200 jenama fesyen muslim.

Ajang ini ditargetkan bisa menarik 40.000 pengunjung dengan nilai transaksi mencapai Rp 35 Miliar. MUFFEST+ tak hanya mengedepankan tema sektor fesyen muslim, tetapi juga diperluas ke lifestyle muslim dalam tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”. 

Hal ini sejalan dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia. Indonesia dituntut dapat memberikan tawaran tren dan gaya berpakaian muslim yang diakui dunia sehingga menjadi suatu gaya hidup muslim global.

MUFFEST+ yang telah dilaksanakan sejak 2015, berpotensi menjadi tolak ukur perkembangan gaya hidup muslim termasuk fesyen muslim di tanah air.

“Kehadiran MUFFEST+ diharapkan dapat mendukung para pelaku industri fesyen muslim tanah air untuk konsisten menawarkan gaya fesyen muslim Indonesia sebagai lifestyle yang baru dan berhasil menarik perhatian dunia. Dengan begitu akan memperkuat posisi Indonesia di industri fesyen muslim dunia,” kata National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma, Rabu (13/4). 

Menurutnya, MUFFEST+ sudah menjadi bagian penting dari perkembangan busana muslim dan sudah menjadi gaya hidup. Busana muslim sudah menjadi tren tidak hanya pelaku industri fesyen tapi juga masyarakat Indonesia.

"Di MUFFEST+ ini para pelaku industri bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk meraih mimpi yang sudah hampir menjadi kenyataan. Secara tidak langsung, kita sudah menjadi sumber insipirasi bagi dunia,” ujar Lisa Fitria, Vice Chairman of Indonesian Fashion Chamber (IFC). 


 

Daftar desainer yang tampil dalam Muffest 2022

Muslim Fesyen Festival 2022

Keseluruhan koleksi yang ditampilkan dalam MUFFEST+ 2022 meliputi ragam gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i antara lain karya dari Hannie Hananto, Lisa Fitria, Vivi Zubedi, Deden Siswanto, Sofie, Defrico Audy, Wignyo, Rosie Rahmadi, Monika Jufry.

Berikutnya, Anggia Handmade, Irmasari Joedawinata, Syukriah Rusydi, Sulika, Nina Nugroho, Opie Ovie, Batik Chic, Benang Djarum Couture, Jenna Kaia, Lace by Artkea, kami., Setara by Irish Bella & Ammar Zoni, dan Dear Dein X Atas Bawah by Dinda Hauw & Rey Mbayang. 

MUFFEST+ 2022  juga menggandeng delapan spoken person dari kalangan desainer maupun selebriti yang berkiprah di industri fesyen muslim, seperti Dewi Sandra, Dian Pelangi, Dinda Hauw, Irish Bella, Ria Miranda, Itang Yunasz, Khanaan, dan Nycta Gina. Koleksi produk para spoken person tersebut ditampilkan dalam fashion show dan dapat ditemukan di trade-expo.

Kerja sama dengan kampus dan akademisi

Muffest 2022 Tampilkan 300 Desainer

Tahun ini MUFFEST+ memberikan kesempatan kepada mahasiswa sekolah tinggi mode untuk turut menampilkan karyanya, yaitu Institut Kesenian Jakarta, Telkom University, Universitas Kristen Maranatha, dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. 

Tak hanya itu, karya juga datang dari siswa SMK dalam bidang fashion dan produk kreatif lainnya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik sehingga #bangga jadi anak SMK, antara lain SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation dan SMKN3 Blitar.  

Sebagai event dan movement berkelanjutan, MUFFEST+ memberikan sorotan pada kampanye gaya hidup muslim dengan nilai-nilai positif, antara lain mengajak pelaku dan konsumen untuk lebih memiliki tanggung jawab melalui konsep sustainable serta menggaungkan gerakan cinta dan bangga pada produk lokal, antara lain melalui produk sarung.

“Sarung is my new style” merupakan kampanye yang turut digaungkan dalam MUFFEST+ 2022 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal. Hal ini sejalan dengan program penugasan Kemendikbudristek sebagai Campaign Manager Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk Provinsi Sulawesi Barat. Koleksi dengan kreasi sarung akan ditampilkan dalam acara Seminar Trend Forecasting 2023/2024.

Ajang MUFFEST+ menjadi etalase yang menampilkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan gaya hidup halal Indonesia di tingkat nasional hingga skala global.

Related Articles