Comscore Tracker
SHARIA

Akumulasi Pembiayaan Bank Wakaf Mikro Capai Rp84 miliar

Klaster peternakan BWM diharap dorong kemandirian usaha.

Akumulasi Pembiayaan Bank Wakaf Mikro Capai Rp84 miliarWimboh Santoso peluncuran Klaster Peternakan BWM

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa total akumulasi penyaluran pembiayaan oleh Bank Wakaf Mikro (BWM) hingga kini telah mencapai Rp84 miliar. Nilai tersebut telah disalurkan oleh 62 BWM yang tersebar di 19 provinsi Indonesia. 

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, mengatakan program BWM menjadi program bersama antara pemerintah, OJK, hingga Laznaz guna mendukung pembiayaan umat. 

"Karena ini mengenai bagaimana membantu masyarakat kecil, jadi tidak hanya mengandalkan bantuan formal yang sudah ada yang disediakan oleh pemerintah melalui bansos dan pembinaan lainnya.” kata Wimboh melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (25/2). 

Sementara itu, total kumulatif nasabah penerima manfaat telah mencapai 53 ribu, tersebar di seluruh daerah. 
 

OJK resmikan klaster peternakan BWM

Untuk mendukung program tersebut, OJK baru saja meresmikan Klaster Usaha Nasabah Sektor Peternakan Kambing dan Domba. Klaster tersebut dipusatkan di BWM Imam Syuhodo, Pondok Pesantren Imam Syuhodo, Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Penyaluran pembiayaan Klaster Usaha Nasabah Sektor Peternak Kambing dan Domba ini dilakukan di lima BWM sebagai pilot project yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu BWM Amanah Makmur Sejahtera Kediri, BWM Hidayatullah Trenggalek, BWM Al Falah Jember, BWM Futuhiyah Demak, serta BWM Imam Syuhodo Sukoharjo. 

Klaster usaha peternakan BWM diharap dorong kemandirian usaha

Klaster Usaha Sektor Peternakan merupakan program lanjutan dan dibentuk di lokasi BWM yang memiliki potensi peternakan. 

Selanjutnya, nasabah yang berada di lingkungan pesantren bisa diberikan permodalan usaha ternak dari BWM, hingga sarana prasarana serta pembinaan dalam mengelola usaha ternak. 

Wimboh berharap upaya tersebut dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan dan mendorong kemandirian usaha.

Klaster peternakan bidik 1.000 nasabah

Wimboh menambahkan, dalam penyaluran pembiayaan, klaster usaha peternakan membidik 1.000 nasabah. Di mana hingga saat ini total nasabah yang telah dibiayai telah mencapai 950. 

Sementara itu, khusus klaster usaha peternakan di BWM Imam Syuhodo Sukoharjo, penyaluran pembiayaan tahap pertama telah disalurkan kepada 100 nasabah. 

“Alhamdulillah dengan klaster domba ini, paling tidak ada 100 lagi (nasabah) bisa kita bantu,” kata Sholakhuddin Sirizar, Pimpinan Pondok Pesantren Imam Syuhodo. 

Dalam kesempatan tersebut Wimboh juga berdialog dengan nasabah BWM yang merupakan anggota klaster peternakan. Nasabah menyampaikan apresiasi dan harapannya agar program ini terus bergulir sehingga manfaat dari pembiayaan yang diterima melalui klaster sektor peternakan dapat terus dirasakan bagi masyarakat di sekitar BWM.

Related Articles