Comscore Tracker
TECH

Survei: Tokopedia Merajai Pasar E-commerce RI, Shopee Unggul di Asean

Shopee dan Lazada bersaing ketat di sejumlah negara.

Survei: Tokopedia Merajai Pasar E-commerce RI, Shopee Unggul di AseanPlatform e-commerce. Shutterstock/Koshiro K

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Tokopedia berhasil merajai pasar e-commerce di Indonesia, sedangkan Shopee membukukan kemenangan di Asia Tenggara, menurut riset terkini dari laman agregator belanja daring iPrice. Pada saat bersamaan, Tokopedia tercatat pula sebagai platform belanja daring dengan tingkat engagement tertinggi.

iPrice melakukan riset tersebut via kerja sama dengan Similar Web. Sedangkan, data engagement sosial bedasar atas sentimen sosial dari Buzzsumo.

Menurut riset dimaksud, Tokopedia pada kuartal pertama tahun ini mencatatkan jumlah pengunjung website tertinggi mencapai 157 juta. Dengan begitu, Tokopedia menjadi satu-satunya e-commerce lokal yang memiliki pengunjung terbanyak di Asia Tenggara menyaingi Shopee dan Lazada.

Shopee harus puas berada di posisi kedua untuk pasar Indonesia, diikuti Lazada, Bukalapak, dan Orami.

Meski demikian, Shopee pada periode sama menonjol di pasar Asia Tenggara. Bahkan, e-commerce besutan Sea Group ini konsisten menjadi platform yang paling banyak dikunjungi di 5 dari 6 negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Total kunjungannya 421 juta pada awal 2022.

Lazada menjadi pesaing terdekatnya dengan total kunjungan 137 juta. Perusahaan e-commerce yang didukung Alibaba ini berhasil menduduki peringkat kedua di Singapura, Thailand, dan Filipina, keempat di Vietnam, dan ketiga di Indonesia dan Malaysia.

Pada aspek engagement, Tokopedia kembali membukukan raihan positif, dengan tingkat interaksi di Facebook dan Twitter yang tertinggi sebesar 145 ribu. Lalu, diikuti oleh Bukalapak 117 ribu, Shopee 96 ribu, dan Lazada 12 ribu.

Kualitas layanan

Dalam urusan kualitas layanan, riset Ipsos belum lama ini menempatkan Tokopedia sebagai juara dalam soal layanan pengiriman dan kualitas produk ketimbang sejumlah e-commerce lain.

Jajak pendapat Ipsos ini mengukur persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce domestik. Survei ini menyasar 1.051 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia pada Januari 2022.

Konsumen mempertimbangkan banyak faktor dalam memilih platform e-commerce untuk belanja secara daring, kata Ipsos. Di antaranya: kualitas dan harga produk, banyaknya promosi, pilihan metode pembayaran, customer service, rating/review toko, dan layanan pengiriman.

“Dari hasil survei, Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-commerce lainnya. Mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya,” kata Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos Indonesia, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (20/4).

Menurut jajak pendapat, lebih dari 50 persen responden mengakui Tokopedia sebagai e-commerce tercepat. Sedangkan, Shoppee harus puas di posisi kedua dengan 45 persen responden, diikuti Lazada 43 persen, OLX 40 persen, dan Bukalapak 30 persen.

Survei sama turut menemukan soal kualitas produk masing-masing e-commerce. Hasilnya, Tokopedia masih unggul. Sebanyak 74 persen konsumen menilai produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas premium.

Shopee dan Lazada menempati peringkat kedua dengan masing-masing mencapai 63 persen, diikuti Bukalapak 50 persen, dan OLX 40 persen.

Related Articles