TECH

Cara Download Video YouTube di Laptop dan Ponsel

Sedang mencari cara download video Youtube di laptop dan HP?

Cara Download Video YouTube di Laptop dan PonselYouTube. (ShutterStock/Sutipond Somnam)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Adakah cara download video YouTube di laptop dan di ponsel? Tentu. Beberapa aplikasi memungkinkan Anda menyimpan konten dari YouTube sehingga bisa tayang kapan saja, walau tanpa jaringan internet.

Di ponsel misalnya, Anda bisa mengunduh video YouTube tanpa aplikasi pihak ketiga. Cukup membuka aplikasi YouTube, cari video yang ingin Anda simpan, kemudian gunakan fitur ‘download’ atau unduh.

Bagi pengguna YouTube gratis, Anda bisa menyimpan video dalam kualitas rendah (144p) dan medium (360p). Sementara Anda yang berlangganan YouTube premium bisa mengunduh video berkualitas tinggi (720p) dan full HD (1080p).

Lantas, bagaimana dengan cara download video YouTube di laptop? Apakah bisa juga melakukan hal yang serupa tanpa aplikasi pihak ketiga?

Ada dua cara untuk mengabadikan konten YouTube ke laptop. Pertama, dengan situs layanan unduh video. Kedua, dengan aplikasi tambahan khusus untuk desktop atau peramban (browser).

Cara Download Video Youtube di Laptop Tanpa Aplikasi

Untuk menyimpan konten video dari YouTube ke laptop tanpa aplikasi tambahan, Anda bisa memanfaatkan sejumlah situs daring. Namun, Anda harus berhati-hati memilih, karena beberapa di antaranya tergolong berbahaya bagi perangkat lunak laptop Anda.

Beberapa rekomendasi yang sudah tersaring sistem pencarian aman McAfee, antara lain: online-convert.com, CatchVideo.net, serta yoodownload.com.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah ini.

  1. Salin (copy) URL video Youtube yang ingin Anda unduh.
  2. Kunjungi situs layanan mengunduh video terpilih.
  3. Tempel (paste) URL video di kolom yang tersedia di masing-masing situs.
  4. Pilih kualitas video yang akan Anda unduh, kemudian klik ‘download’ atau ‘unduh’.

Cara Download Video YouTube di Laptop dengan Aplikasi

Jika ragu dengan situs-situs pengunduh video daring, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi dari peramban. Di Google Chrome misalnya, sejumlah ekstensi dapat membantu Anda menyimpan video dari berbagai situs—tak hanya dari YouTube. Contoh, Web Video Downloader dan Video Downloader by ODM, Pro Download.

Untuk versi desktop, laman Tech Radar menyarankan aplikasi pihak ketiga berikut.

1. 4K Video Downloader.

2. WinX Youtube Downloader.

3. Any Video Converter Free.

4. Free Youtube Download.

5. aTube Catcher.

Related Articles