BUSINESS

Argentina Perkenalkan Keunikan Budayanya di Sudestada

Argentina dan Indonesia punya hubungan perdagangan baik.

Argentina Perkenalkan Keunikan Budayanya di SudestadaAcara Argentine Day di Sudestada, Kamis (30/11). (Fortuneidn/Bayu)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

01 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Argentina memperkenalkan budayanya kepada masyarakat Indonesia, lewat acara Argentine Day yang diadakan di restoran khas Argentina, Sudestada, pada Kamis (30/11).

Duta Besar Argentina untuk Indonesia, Gustavo Coppa, mengatakan bahwa Argentine Day sebenarnya bukanlah hari besar khusus bagi Argentina, melainkan perayaan perkenalan berbagai hal tentang Argentina, kepada masyarakat global, termasuk Indonesia.

“Acara ini sangat penting bagi kami, karena ini adalah salah satu hari terpenting bagi promosi perdagangan Argentina. Ini adalah kesempatan ketika kami menunjukkan spesialisasi kami, budaya kami. Anda bisa melihat orang-orang bermain sepak bola di sana, komoditas minuman anggur kami, makanan khas, termasuk produk minuman teh tradisional kami, Yerba Matte,” kata Gustavo kepada Fortune Indonesia, (30/11).

Salah satu komoditas impor dari Argentina bagi Indonesia adalah produk serelai. Sementara, produk unggulan Indonesia yang masuk ke pasar Argentina, adalah karet,di samping beberapa komoditas lain seperti buah-buahan, udang, sampai minuman anggur. “Saya berharap di acara selanjutnya, kami bisa memperkenalkan produk daging sapi kami,” kata Gustavo.

Meski bukan salah satu negara tujuan ekspor terbesar Indonesia, namun menurut data Kementerian Perdagangan, pada 2022, Argentina jadi salah satu importir besar bagi Indonesia, dengan selisih ekspor impor mencapai US$2,10 miliar, atau sekitar Rp35,54 triliun (kurs Rp15493,89 per dolar AS).

Yerba Matte

Yerba Matte, teh khas Argentina.Yerba Matte, teh khas Argentina. (Fortuneidn/Bayu)

Gustavo juga memperkenalkan salah satu produk tradisional unggulannya, berupa minuman teh yang disebut Yerba Matte. Menurutnya, teh ini adalah salah satu produk tradisi Argentina yang sangat kuat dan menjadi ciri khas Argentina yang terkenal di dunia. 

“Yerba Matte adalah teh nasional kami. Ini minuman nasional kami, dan hari ini (sebenarnya) adalah Hari Yerba Matte Argentina. Itu sebabnya minuman ini sangat penting bagi kami,” kata Gustavo menjelaskan.

Teh ini, menurutnya, memiliki sejumlah keunikan, seperti dituangkannya bubuk teh hingga memenuhi setengah gelas, baru diisi air panas, namun tidak boleh membasahi seluruh bubuknya. Jadi, dengan alat semacam sedotan, air teh pun disedot dari dasar gelas paling bawah.

Kesan baik

Duta Besar Argentina untuk Indonesia, Gustavo Coppa.Duta Besar Argentina untuk Indonesia, Gustavo Coppa. (Fortuneidn/Bayu)

Related Topics