Comscore Tracker
BUSINESS

Jaringan Media Multiplatform B-Universe Akan Hadir di 90 Kota

Perluasan jaringan akan dilakukan bertahap.

Jaringan Media Multiplatform B-Universe Akan Hadir di 90 KotaExecutive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita. (dok. B-Universe)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – B-Universe resmi diluncurkan. Perusahaan media ini akan menjadi holding atau perusahaan induk yang menaungi sejumlah media seperti BTV, Beritasatu.com, koran Investor Daily, Majalah Investor, Investor.id, serta Jakartaglobe.id. 

Executive Chairman B-Universe, Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa B-Universi membawa aspirasi dalam berkontribusi membuka ruang diskusi yang kritis dan konstruktif mengenai arah bangsa ke depan.

“Media adalah elemen bangsa yang tak terpisahkan dalam menghadapi pasang surut perjalanan bangsa Indonesia. Media juga menjadi elemen penting dalam demokrasi yang kita arahkan semakin matang,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Senin (17/10).

Enggar mengatakan bahwa B-Universe akan hadir sebagai jaringan media multiplatform yang tersebar di 90 kota besar di seluruh Indonesia. Perluasan tersebut dilakukan secara bertahap secara digital, mengikuti arahan pemerintah.

"Kami  juga menyambut baik upaya pemerintah untuk menerapkan Analog Switch Off (ASO) yang diharapkan dapat  diimplementasi November nanti sesuai arahan Menteri Kominfo," ujarnya.

Media yang menginspirasi

Acara peluncuran BTV.

Direktur Pemberitaan B-Universe, Apreyvita Wulansari, mengatakan kata ‘Universe’ dipilih karena memiliki makna ‘Semesta’. “Semua informasi yang ada, kami tangkap dan dirangkum dalam berita yang harus memberi inspirasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Manajemen B-Universe, kata Apreyvita, melihat bahwa kini sudah terjadi pergeseran preferensi kebiasaan konsumsi berita secara luas, dari media konvensional menuju digital. Hal ini ditunjukkan dengan tajamnya pertumbuhan aktivitas pengguna digital dan media sosial.

Oleh sebab itu, B-Universe hadir dalam rupa transformasi menuju jaringan media multiplatform. B-Universe akan adalah sinergi antara televisi, digital, dan aktivasi dalam konteks nasional serta daerah.

Salah satu saluran televisinya, Berita Satu Channel pun bertransfromasi menjadi BTV yang akan menayangkan  konten newstainment–gabungan antara berita hiburan yang menginspirasi.

Harapan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo saat membuka secara resmi Investor Daily Summit 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (11/10).

Dalam pembukaan acara BNI Investor Daily Summit 2022, pada Selasa (11/10), Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kehadiran B-Universe bisa jadi sumber optimisme di tengah ketidakpastian global yang melanda. “Terus memberitakan hal-hal yang menimbulkan optimisme. Ini penting dalam kondisi dunia yang tidak pasti,” ujarnya.

Selain itu, menurut Jokowi, Berita Satu media Holdings yang kini menjadi B-Universe, harus bisa jadi bagian media nasional pemersatu yang menginspirasi.

Related Topics

Related Articles