Comscore Tracker
BUSINESS

Ini Dia Profil Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad, RANS Entertainment

Telah menjelma perusahaan multibisnis.

Ini Dia Profil Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad, RANS Entertainmentilustrasi RANS Entertainment (Dok.ransentertainment)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan milik pasangan pesohor Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, RANS Entertainment, tidak saja populer di tengah masyarakat, namun juga mampu meraup pundi-pundi menjanjikan.

Dikutip dari laman resmi RANS Entertainment, perusahaan yang berbasis digital ini awalnya berdiri sebagai kelanjutan dari kanal YouTube Raffi dan Nagita, yang mulai mengudara sejak 2015. RANS Entertainment sendiri berdiri sejak 2017.

Pada 2021, RANS Entertainment mengumumkan kemitraan dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) melalui cucu usaha PT Indonesia Entertainment Group (IEG), yang juga anak usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Sejak itu, perusahaan pun berkembang semakin pesat dan mulai merambah sektor lain di luar media hiburan sebagai konten utamanya.

Momen keluarga

Artis sekaligus Chairman Rans Entertainment, Raffi Ahmad, dalam Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

Mengutip ekrut.com, meski pada awalnya Raffi Ahmad mengawali RANS Entertainment sekadar untuk mengabadikan momen-momen menarik bersama keluarganya, namun nyatanya kini perusahaan ini jadi media hiburan untuk seluruh anggota keluarga yang memfokuskan diri di platform media sosial, event offline, agensi digital, aktivasi komunitas, dan kerja sama branding dengan berbagai kalangan.

RANS Entertainment dipimpin langsung oleh Nagita sebagai CEO/founder, sementara posisi Raffi adalah sebagai Chairman/founder. Pada 29 Oktober 2021, Raffi mengumumkan Kaesang Pangarep sebagai Komisaris dan Sutanto Hartono sebagai Executive Chairman perusahaan.

Produk RANS Entertainment

RANS Entertainment berkembang pesat menjadi sebuah perusahaan besar yang menaungi berbagai anak usaha di berbagai lini, bahkan di luar inti usahanya, yakni bidang hiburan. Berikut beberapa lini usaha yang dijalankankannya.

  1. RANS Entertainment
    Kanal YouTube RANS Entertainment adalah cikal bakal dari perusahaan digital milik Raffi dan Nagita. Kini kanal tersebut telah memiliki hampir 24 juta pelanggan. Data Social Blade menyebutkan penghasilan dari kanal itu berkisar antara Rp731,69 juta hingga Rp11,7 miliar per bulan. Selain kanal YouTube, RANS Entertainment juga mengelola akun Instagram, Facebook, dan LinkedIn.
  2. RANS Music
    RANS Music adalah kanal YouTube yang diluncurkan pada 16 Agustus 2018 dan hingga Juli 2022 telah memiliki 913 ribu pelanggan. RANS Music juga memiliki akun Instagram, yaitu @officialransmusic.
  3. PowerRANSgers
    PowerRANSgers adalah sebutan untuk kru dan staf dari Rans Entertainment. PowerRANSgers pun memiliki kanal YouTube, yaitu POWERRANSGERS dan akun Instagram @powerransger.
  4. RANS Animation Studio
    RANS Animation Studio adalah kanal YouTube yang khusus memproduksi animasi. Saat ini telah ada animasi berjudul Si Aa dan Kapten Phoenix. RANS Animation Studio juga memiliki akun Instagram, yaitu @rans.animationstudio.
  5. RANS Esports
    Pada 2020, Rans Entertainment membuat RANS Esports, yaitu tim olahraga elektronik dengan divisi PUBG bernama tim Rans Glory. RANS Esports membentuk divisi baru Free Fire pada Juli 2022. Anda dapat mengikuti info terbaru RANS Esport lewat akun Instagramnya, @ransesports.official.
  6. Toko Mama Gigi by Nagita Slavina
    Toko Mama Gigi memiliki beragam barang diskon, serta live shopping bersama Nagita. Ikuti kabar terbaru toko itu lewat akun Instagram @tokomamagigi.
  7. Mylk by Rafathar
    Mylk by Rafathar ini adalah merek pakaian anak yang menjual pakaian anak di e-commerce. Ikuti juga akun Instagram mereka di @mylkofficial untuk informasi terkait produk.
  8. RANS Carnaval Zoo
    RANS Carnaval Zoo adalah kebun binatang di daerah PIK 2, Jakarta Utara. RANS Carnaval Zoo ini memiliki konsep kebun binatang di tengah kota dengan berbagai macam permainan dan tema kebun binatang mulai dari nuansa Afrika, Euro Asia, hingga Madagaskar dengan 31-35 spesies binatang. Akun Instagramnya @ranscarnaval.zoo.
  9. RANS Nusantara Football Club
    RANS Nusantara Football Club dulunya adalah Cilegon United (21 November 2012) dan RANS Cilegon FC (31 Maret 2021) ini diresmikan pada 30 Mei 2022. Ikuti Instagram mereka di @rans.nusantara.
  10. RANS PIK Basketball
    RANS PIK Basketball adalah klub basket yang didirikan oleh Raffi, Rudy Salim dan Dito Ariotedjo pada 2021. RANS PIK Basketball memiliki Instagram di @ranspikbasketball. 

Sektor lain yang mulai dirambah

Konferensi pers \'Jadi Tetangga RANS\', Jumat (2/9).

Belum lama ini, Raffi mengumumkan bahwa perusahaan miliknya akan mulai berekspansi ke sektor properti. Meski belum menyebutkan investasi yang disiapkan, namun RANS Entertainment menyatakan akan membangun sebuah apartemen, dekat dengan lokasi sang artis di sekitar kawasan Andara, Jakarta Selatan.

Selain itu, RANS Entertainment juga masih terus mengembangkan lini digital dalam rupa RANSVerse, yang merupakan sebuah proyek metaverse. Menurut Raffi, pembentukan RansVerse berdasar atas keinginannya untuk senantiasa dapat berinteraksi dengan para penggemarnya. Sebab, metaverse memungkinkan orang-orang bertemu dan berkomunikasi tanpa batas ruang.

RANS Entertainment juga sudah menyuntikkan dana ke entitas anak PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), NOICE, pada awal 2022 lalu. Seperti diketahui, NOICE sendiri merupakan platform yang identik dengan konten podcast (siniar) dan audio book.

Terkini, RANS Entertainment berencana akan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2023. Namun, IPO (Initial Public Offering) tersebut diperkirakan akan mengusung sektor baru, selain media, yang selama ini dijalani.

Raffi mengatakan bahwa saat ini RANS telah menggelar pre-IPO dengan melepas 15 persen saham. “Kami lagi mencoba, tapi core-nya dimana saat kami going public, mungkin bukan di media, ada yang lebih seksi daripada itu. Mungkin lebih di lifestyle,” ujarnya dalam sebuah seminar, Rabu (12/10).

Related Articles