Comscore Tracker
BUSINESS

25 Peluang Usaha Paling Menjanjikan pada Bulan Ramadan

Tak ada salahnya mencoba peluang usaha ini di bulan Ramadan.

25 Peluang Usaha Paling Menjanjikan pada Bulan RamadanMembuat kue kering menjadi salah satu Peluang Usaha di Bulan Ramadan. Shutterstock/Odua images

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Peluang usaha di bulan Ramadan terbuka lebar bagi Anda yang ingin memperluas usaha atau mencoba ragam bisnis baru. Tak hanya menjadi ladang pahala, Ramadan juga dapat menjadi waktu yang tepat untuk menggarap ladang pemasukan seluas-luasnya. 

Berbagai peluang usaha untuk meraup keuntungan bisa Anda coba. Mulai dari makanan, minuman, fesyen, dan usaha lain yang permintaannya meningkat.

Lalu, peluang usaha apa saja yang bisa memberikan keuntungan di bulan Ramadan? Berikut berbagai alternatif peluang usaha di bulan Ramadan yang dirangkum Fortune Indonesia dari berbagai sumber.

  1. Makanan berbuka puasa dan sahur
  2. Takjil untuk berbuka puasa
  3. Es Buah
  4. Kue Kering
  5. Kurma
  6. Parsel
  7. Ketupat
  8. Toples dan Tempat Makan
  9. Buah-buahan
  10. Baju Muslim
  11. Perlengkapan Salat 
  12. Produk Kecantikan
  13. Rental Mobil
  14. Pencucian Kendaraan
  15. Penitipan Kendaraan
  16. Penitipan Hewan
  17. Penyaluran Asisten Rumah Tangga
  18. Usaha Laundry
  19. Jasa Penukaran Uang
  20. Jasa Custom Amplop
  21. Perabotan Rumah
  22. Masker Mulut
  23. Produk Kesehatan
  24. Kerudung
  25. Oleh-oleh Khas

1. Makanan berbuka puasa dan sahur

Kegiatan berpuasa sudah pasti diawali dengan sahur. Ada yang sudah mempersiapkan pada malam hari ataupun pagi harinya. Namun, ada sebagian orang yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan hidangan sahur.

Anda bisa membuat hidangan sahur menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Tidak harus langsung membuka usaha catering atau warung makan, tawarkan saja dulu kepada tetangga sekitar, anak kos, atau orang-orang terdekat yang membutuhkan.

Sebagai awalan, Anda bisa membuat jadwal menu mingguan atau bulanan untuk ditawarkan. Jika mereka merasa puas, tak menutup kemungkinan pelanggan akan bertambah.

2. Takjil untuk berbuka puasa

Peluang usaha di bulan Ramadan yang akan laris manis adalah takjil atau kudapan berbuka puasa.

Kata takjil sendiri diserap dari bahasa Arab, diambil dari kata ‘ajjala yang berarti menyegerakan atau dalam arti lebih luas adalah perintah untuk menyegerakan berbuka puasa. 

Namun, ada versi lain yang mengatakan penyebutan takjil sebagai menu buka puasa bermula dari proses penyebaran agama Islam di Jawa. Kala itu, para wali yang berdakwah kerap memasak kolak dengan berbagai bahan. Menu ini menjadi menu takjil dan mengakar di masyarakat, kemudian menjadi penyebutan untuk kudapan berbuka.

“Berbukalah dengan yang manis” jadi jargon yang selalu muncul dan orang cenderung memilih makanan manis. Anda bisa mulai dengan usaha kolak pisang, biji salak, hingga bubur sumsum. Selain itu, bisa divariasikan dengan aneka gorengan atau makanan ringan, seperti lontong atau bihun goreng.

3. Es Buah

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadan tahun ini.

Banyak aneka minuman yang bisa menjadi pilihan dari menu jualan, seperti es buah blewah, timun suri, hingga es teler.

Untuk menaikkan penjualan, Anda bisa melakukan promosi di mana. Misalnya, potongan harga untuk pembeli yang membawa wadah sendiri atau bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu,

4. Kue Kering

Selama puasa, Anda bisa menawarkan beraneka kue kering untuk persiapan lebaran. Permintaan kue kering tiap tahun pasti akan sangat melonjak.

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang ahli dalam membuat kue kering. Kue bisa ditawarkan ke tetangga atau menggunakan sistem penjualan reseller dengan mengajak kerabat atau teman-teman untuk ikut menjual produk

5. Kurma

Ramadan sangat lekat dengan kurma. Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi pada Ramadan hingga lebaran. Salah satu yang membuat kurma laris karena makanan ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka.

Kandungan serat dan glukosa di dalam kurma mampu menambah energi setelah seharian berpuasa. Selain itu, kurma bisa dimakan saat sahur. 

Karena ketenarannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah, menjajakan kurma bisa jadi alternatif peluang usaha di bulan Ramadan untuk menambah pemasukan. Anda juga bisa membuat variasi kudapan kurma, misalnya kurma lapis coklat, kurma isi kacang mede, kurma isi keju, dan sebagainya.

6. Parsel

Jasa pembuatan parsel menjadi salah satu peluang usaha di bulan Ramadan yang akan sangat menguntungkan, sebab permintaan jelang lebaran biasanya akan melonjak

Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda sesuai preferensi pelanggan. Misalnya, berupa kue kering, alat makan, makanan ringan, sembako, buah-buahan, kerudung ataupun aneka macam makanan ringan dan biskuit yang ada di pasaran.

7. Ketupat

Permintaan ketupat di bulan puasa memang belum banyak. Namun, jelang lebaran, kebutuhan ketupat biasanya meningkat, sebab banyak orang tidak sempat membuat ketupat atau tidak ingin repot.

Anda bisa menawarkan ketupat matang lengkap dengan sayur matang, opor, atau rendang untuk menambah keuntungan

8. Toples dan Tempat Makan

Saat hari raya, dekorasi meja menjadi penting untuk menambah kehangatan saat berkumpul dan makan bersama keluarga,

Untuk menambah semarak, biasanya dekorasi meja dipadukan dengan toples dan tempat makan estetik, lengkap dengan rangkaian bunga.

Cobalah membuat usaha pembuatan toples dan tempat makan dengan sistem customize, di mana desainnya bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan, sehingga bisa menyesuaikannya dengan tema lebarannya.

9. Buah-buahan

Jika Anda ingin menjual buah-buahan sebagai usaha di bulan Ramadan, hal pertama dan terpenting adalah mencari supplier yang berkualitas. Bisa dalam bentuk distributor, penyalur ataupun agen. Selain itu, Anda juga harus mengetahui mana buah yang bagus dan segar. 

Anda bisa menjual buah-buahan melalui kanal online, dipaket dengan parsel untuk menambah keuntungan atau menyewa tempat dan ditata estetik untuk menarik pelanggan.

10. Baju Muslim

Membeli baju muslim seakan sudah menjadi tradisi di hari raya. Kebutuhan pakaian biasanya akan meningkat jelang lebaran dan bisa menjadikannya peluang usaha di bulan Ramadan. 

Mulailah dengan menentukan secara spesifik jenis pakaian, kemudian mencari tren yang sedang berkembang. Anda juga bisa membuat “family package”, karena biasanya banyak juga keluarga memakai seragam saat Lebaran.

Jika belum berani menyimpan stok barang, Anda bisa mencoba sistem dropshipper dengan perjanjian sebelumnya atau bergabung menjadi reseller

Anda bisa menaikkan harga jualnya, karena biasanya harga yang diberikan dari distributor, supplier atau produsen lebih murah dibandingkan di pasaran.

11. Perlengkapan Salat

Tidak hanya baju muslim saja yang laku di pasaran saat bulan puasa, tetapi permintaan perlengkapan salat turut meningkat. Anda bisa menjual sajadah, mukena, peci hingga tasbih.

Jangan lupa untuk bekerja sama dengan para pebisnis usaha konveksi ataupun supplier untuk mendapatkan harga yang terjangkau untuk dijual kembali.

12. Produk Kecantikan

Tampil cantik saat lebaran menjadi dambaan setiap perempuan. Anda bisa menawarkan produk skincare atau make up, produk kecantikan ini pun biasanya sangat laku di kalangan perempuan.

Sebagai awalan, Anda bisa mencba menjadi reseller makeup atau skincare yang umum. Misalnya, lipstik, bedak,  dan eyeshadow  untuk makeup atau sheetmask dan serum wajah untuk skincare.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan perihal izin BPOM, dan juga menganalisis SWOT agar bisnis berjalan lancar.

13. Rental Mobil

Selain berbagi parsel, mudik atau pulang kampung juga jadi salah satu tradisi yang sangat melekat dengan orang Indonesia.

Ada banyak jasa transportasi publik yang tersedia, mulai dari bus, kereta api, pesawat ataupun kapal laut. Namun, ada pula yang memilih menggunakan mobil pribadi, apalagi jika membawa keluarga besar.

Bagaimana jika tidak mempunyai mobil pribadi? Ini adalah kesempatan Anda untuk menyediakan sarana transportasi yang berupa rental mobil.

Jika Anda mempunyai mobil pribadi dan tidak digunakan, maka Anda bisa menyewakan pada orang lain yang lebih membutuhkan. Selain memberikan kenyamanan untuk mudik mereka, Anda juga akan mendapatkan tambahan pendapatan.

Jika Anda ingin menjalankan usaha rental mobil ini pastikan melakukan hal-hal berikut:

  1. Membuat surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak
  2. Memberlakukan penahanan KTP selama masa penyewaan
  3. Meminta informasi data pribadi lengkap dari penyewa
  4. Memasangkan alat pelacak GPS pada mobil

14. Pencucian Kendaraan

Tidak hanya rental mobil saja yang memiliki potensi besar di bulan puasa, tetapi jasa pencucian kendaraan juga menjadi peluang usaha di bulan Ramadan.

Jelang hari raya, banyak orang yang memiliki motor atau mobil yang menggunakan jasa cuci kendaraan. Hal ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin mudik atau meninggalkan kendaraannya di rumah dalam keadaan bersih.

15. Penitipan Kendaraan

Jasa penitipan kendaraan, baik mobil maupun motor cocok bagi Anda yang memiliki lahan parkir atau garasi besar yang tidak terpakai.

Peluang usaha di bulan Ramadan ini cukup menarik, sebab banyak orang yang khawatir untuk meninggalkan kendaraan pribadi di rumah kosong saat mudik lebaran. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga membantu sesama menjaga kendaraan.

Jangan lupa, minta izin dulu kepada Bupati/Walikota setempat dan mengikuti ketentuan yang tertuang pada Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2013.

16. Penitipan Hewan

Selain penitipan kendaraan, jasa penitipan hewan juga banyak dicari oleh orang-orang di bulan Ramadan hingga jelang lebaran,

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, tetapi kesulitan untuk membawanya saat mudik, maka mereka memutuskan untuk menitipkannya.

Bagi Anda pecinta hewan, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk membuka jasa penitipan hewan. Namun, perlu diingat bahwa usaha ini membutuhkan keseriusan karena menyangkut nyawa hewan peliharaan,  

Harus dipastikan bahwa bahwa tempat penitipan hewan bersih dan higienis dan luas. Penting pula untuk memisahkan tempat sesuai jenis hewan, serta jenis kelamin jantan dan betina.

Di samping itu, Anda perlu mempelajari tabiat tiap hewan dan cara merawat agar tidak stress. Pastikan selalu memberi makan dan mengabari pemiliknya secara rutin. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum membuka jasa penitipan hewan sebagai peluang usaha di bulan Ramadan.

17. Penyaluran Asisten Rumah Tangga

Tradisi mudik biasanya berefek pada Asisten Rumah Tangga (ART) yang juga pulang ke kampung halamannya. Anda yang biasanya dibantu oleh ART di rumah misalnya, tentu saja akan mengalami kesulitan karena harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

Demikian pula dengan banyak orang yang cenderung yang mencari infal atau ART sementara untuk membantu selama bulan Ramadan. Oleh sebab itu, itu memiliki jasa penyalur ART bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan.

18. Usaha Laundry

Berhubungan dengan banyaknya para asisten rumah tangga yang mudik, tentu saja orang yang biasanya mendapatkan bantuan untuk mengurusi urusan rumah akan merasa kesulitan.

Tak jarang, jasa laundry dipilih sebagai solusi untuk mencuci baju dan menyetrika. Melakukan usaha laundry, termasuk usaha dengan modal kecil dan siapa pun bisa melakukannya. Usaha laundry jadi salah satu peluang usaha di bulan Ramadan yang menjanjikan dan berpeluang bertahan untuk waktu yang panjang.

19. Jasa Penukaran Uang

Saat bulan Ramadan terlebih menjelah Hari Raya Idul Fitri, banyak sekali orang yang ingin menukarkan uang sebagai pemberian ke sanak saudara.

Jika ingin memulainya, akan lebih mudah kalau Anda bekerja sama dengan bank, sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan akses penukaran uang pecahan.

20. Jasa Custom Amplop

Uang hadiah Lebaran atau lazim disebut THR akan kurang lengkap rasanya tanpa dimasukkan ke dalam amplop.

Amplop berisikan THR, akan sangat berguna jika Anda ingin memberikan THR kepada sanak saudara yang masih kecil.

Supaya lebih berkesan, selain menjual amplop biasa, Anda bisa menawarkan amplop custom yang bisa disesuaikan dengan nama penerima THR dan memberikan alternatif desain sesuai selera pelanggan.

21. Perabotan Rumah

Riset Tokopedia menyebutkan, transaksi terhadap perabotan rumah meningkat 4x selama bulan Ramadan di tahun lalu.

Besar kemungkinan kenaikan ini didorong banyaknya umat muslim yang lebih banyak di rumah selama bulan Ramadan dikarenakan situasi masih pandemi. Melakukan make over kecil-kecilan, menjadi pilihan supaya suasana rumah berbeda, sehingga lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Melihat tren tersebut karena tahun ini juga masih dalam situasi pandemi, tak ada salahnya untuk menawarkan beragam perabotan rumah. Misalnya seperti, sprei, bantal kursi beserta sarungnya, lampu-lampu atau hiasan cantik, alat makan atau perabotan lainnya.

22. Masker Mulut

Masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ternyata tahun lalu masker mulut masih menjadi produk yang banyak dicari orang selama bulan Ramadan. Berkaca dari tren tersebut, Anda bisa menjual produk masker mulut di Ramadan tahun ini. 

Supaya lebih unik, Anda bisa nih membuat masker mulut yang dipasangkan dengan baju muslim untuk lebaran. Jika Anda bisa menjahit, maka dapat menawarkan pelanggan membuat masker yang dikustomisasi dengan ornamen tertentu, misalnya kristal atau mutiara agar lebih menarik. 

23. Produk Kesehatan

Selain perabotan rumah, Tokopedia juga menyebutkan kalau produk kesehatan juga mengalami peningkatan transaksi selama bulan Ramadan.

Tak heran karena memang menjaga tubuh tetap fit sangat penting saat menjalankan ibadah puasa, terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang.

Anda bisa menawarkan beragam produk kesehatan, seperti suplemen makanan, vitamin hingga minuman herbal seperti jamu. Pastikan semua barang yang Anda jual sudah memiliki izin BPOM dan bersertifikat halal.

24. Kerudung

Momentum Ramadan menjadi saat yang tepat bagi pelaku usaha bisnis kerudung/hijab untuk memanen untung. Ini karena jumlah permintaan produk yang meningkat berkali lipat. 

Beberapa tren model hijab laris manis bisa menjadi peluang usaha di bulan Ramadan antara lain, pashmina, hijab segi empat, hijab syar’i, dan hijab instan. Jangan lupa sesuaikan dengan model yang tren saat ini dan gunakan berbagai kanal penjualan supaya makin laris.

25. Oleh-oleh khas

Para pemudik biasanya membeli buah tangan untuk keluarga yang akan dikunjungi.

Mendekati hari-hari besar seperti lebaran, toko oleh-oleh biasanya akan kebanjiran pesanan. Bahkan banyak toko yang kehabisan stok dalam waktu yang cukup singkat. Menggeluti bisnis pembuatan atau penjualan oleh-oleh khas daerah Anda tinggal bisa jadi sesuatu yang menjanjikan.

Itulah berbagai peluang usaha di bulan Ramadan yang bisa coba Anda terapkan. Pilih usaha yang cocok untuk Anda dan sesuai dengan jumlah modal yang dimiliki. Selamat mencoba!

Related Articles