BUSINESS

Gaia Bumi Raya City Pasang Instalasi PLTS Berkapasitas 1.491 kWp

Gandeng Suryanesia dalam penerapan energi bersih.

Gaia Bumi Raya City Pasang Instalasi PLTS Berkapasitas 1.491 kWpGaia Bumi Raya City/Dok. Istimewa

by Desy Yuliastuti

26 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Gaia Bumi Raya City, salah satu mall terhijau di Indonesia, meresmikan instalasi PLTS dengan kapasitas 1.491 kWp melalui kolaborasi bersama Suryanesia, sebuah perusahaan yang menyediakan energi bersih bagi pelaku usaha di Indonesia.

Berbeda dari praktik biasa, instalasi yang terpasang di Gaia Bumi Raya City merupakan kombinasi dari PLTS atap dan solar carport.

Melalui inovasi solar carport tersebut, panel surya tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan energi bersih, tetapi juga sebagai atap pada area parkir mall sekaligus sebagai sarana edukasi masyarakat.

Direktur Operasi Gaia Bumi Raya City, Steven Swandono, mengatakan penggunaan PLTS menjadi bagian dari penerapan praktik bisnis yang bertanggung jawab dan berorientasi pada lingkungan yang berkelanjutan. Tak hanya itu, Gaia Bumi Raya City juga menjadi pusat perbelanjaan pertama di Kalimantan yang memanfaatkan PLTS.

"Instalasi PLTS ini menambah daftar inisiatif ramah lingkungan yang telah kami lakukan sebelumnya dan juga mendukung upaya pemerintah dalam pemanfaatan energi bersih untuk sektor komersial," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (26/10).

Steven menambahkan, sebelumnya di area mall seluas 10 hektare ini juga dilakukan upaya hijau seperti penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), pengolahan air daur ulang, dan penggunaan pendingin efisiensi tinggi bebas oli.

Mengurangi jejak karbon

Dok. istimewa

Untuk memaksimalkan produksi listrik, Suryanesia menggunakan panel surya bifacial pada solar carport agar dapat menyerap sinar matahari dari atas maupun pantulan cahaya dari bawah, sehingga mampu menghasilkan hingga 30 persen lebih banyak energi dibandingkan panel surya konvensional.

Dengan instalasi PLTS ini, setiap tahunnya Gaia Bumi Raya City dapat menghasilkan energi bersih sebesar 2.049.246 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 1.608.248 kgCO2.

Founder & CEO Suryanesia, Rheza Adhihusada, menyampaikan Suryanesia terlibat dalam proses desain, instalasi dan perizinan hingga PLTS dapat beroperasi. Pihaknya juga akan mengoperasikan dan memelihara PLTS untuk memastikan kinerja baik dalam jangka panjang.

"Kami percaya bawah langkah-langkah yang diambil oleh Gaia Bumi Raya City dapat berfungsi sebagai inspirasi bagi perusahaan lain dalam mengadopsi energi bersi," katanya.