BUSINESS

Kolaborasi Xurya dan PLN Icon Plus Manfaatkan EBT

Mewujudkan target bebas emisi karbon pada 2060.

Kolaborasi Xurya dan PLN Icon Plus Manfaatkan EBTXurya dan PLN Jalin Kolaborasi/Dok. Xurya

by Desy Yuliastuti

14 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Xurya dan PLN Icon Plus akan berkolaborasi memanfaatkan energi baru terbarukan (EBT), penyediaan sistem fotovoltaik, sistem manajemen energi, pengelolaan karbon, serta sertifikasi energi terbarukan. 

“Upaya kolaborasi dengan PLN Icon Plus ini tentunya menjadi langkah penting untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan dan implementasi proyek-proyek energi terbarukan, khususnya PLTS Atap di Indonesia,” kata Managing Director Xurya, Eka Himawan, dalam siaran pers, Jumat (14/7).

PLN Icon Plus akan memberikan startup energi terbarukan Xurya akses infrastruktur dan jaringan distribusinya. Ini memungkinkan implementasi proyek energi terbarukan lebih cepat dan efektif.

Selain itu, PLN Icon Plus juga akan memberikan dukungan regulasi dan perizinan yang diperlukan demi kelancaran berbagai proyek energi bersih.

Mewujudkan target misi bebas karbon tahun 2060

Kedua pihak berharap inisiatif ini bisa membantu mewujudkan target bebas emisi karbon pada tahun 2060 yang ditetapkan pemerintah.

PLN Icon Plus merupakan anak usaha PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi.  Xurya mengeklaim memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di berbagai kota, yakni Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah. Ada pula di Jawa Timur, Bali, dan Makassar.

Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 130 juta kWh energi bersih dan menyediakan lebih dari 3.100 lapangan pekerjaan hijau.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan melalui kerja sama yang kuat dengan berbagai mitra, termasuk Xurya, diharapkan mengembangkan potensi energi terbarukan di Indonesia dan mendorong transisi ke energi bersih yang berkelanjutan.

"Bersama-sama, kami akan mempercepat adopsi energi terbarukan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia," katanya,

Related Topics