Comscore Tracker
BUSINESS

Manfaat Promosi untuk Dongkrak Keuntungan Penjualan

Manfaat promosi berdampak jangka panjang pada bisnis.

Manfaat Promosi untuk Dongkrak Keuntungan Penjualanilustrasi harga (unsplash.com/Artem Beliaikin)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Manfaat promosi sejatinya harus dipahami bagi para pebisnis. Pentingnya promosi sangat diperlukan dalam dunia bisnis, terutama bagi usaha yang baru berjalan.

Promosi menjadi bagian dari cara marketing atau pemasaran yang selalu dilakukan dalam dunia bisnis. Namun, promosi sebaiknya tak hanya saat baru membuka bisnis saja, tetapi dilakukan secara terus-menerus. Bahkan jika bisnis sudah berjalan lama, Anda harus tetap melakukannya.

Promosi juga harus didorong kebutuhan untuk terus berinovasi. Penting pula untuk meningkatkan awareness atau kesadaran dari para pelanggan dan calon pembeli mengenai produk yang Anda jual. Merangkum laman Sirclo.com, berikut serba-serbi manfaat promosi yang bisa diterapkan untuk mengembangkan usaha Anda.

Manfaat promosi untuk usaha

Meski promosi diperuntukkan untuk usaha yang sudah berjalan lama, tapi bagi usaha yang baru saja berjalan, promosi akan lebih dibutuhkan manfaatnya. Untuk menilik lebih jelasnya lagi, di bawah ini ada beberapa manfaat promosi untuk usaha yang perlu Anda ketahui saat akan membuka bisnis baru.

1. Membangun branding 

Manfaat promosi tentunya untuk dapat membangun branding dari suatu produk atau jasa yang Anda jual. Setiap pemilik usaha pasti ingin brand atau mereknya mudah diingat dan dikenali banyak orang.

Meskipun desain logo dan produk yang ditawarkan sudah bagus, tapi jika tanpa promosi, maka akan sulit untuk membangun branding yang baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan promosi supaya nantinya tingkat visibilitas merek dagang bisa menjadi lebih tinggi.

Dengan melakukan promosi, masyarakat bisa lebih mengetahui tentang keberadaan dari merek serta produk yang ditawarkan dalam bisnis Anda.

2. Menciptakan komunikasi 

Dengan memberikan promosi pada usaha, maka Anda bisa membangun komunikasi dengan pelanggan secara lebih intens, baik itu pelanggan lama dan baru.

Saat melihat adanya promosi yang dilakukan, pelanggan umumnya akan bertanya terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan berlakunya.

Pada saat bertanya inilah komunikasi dengan pelanggan akan berjalan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari pelanggan sebaik mungkin supaya nantinya pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk.

3. Meningkatkan awareness 

Salah satu manfaat promosi adalah untuk memperkenalkan produk terbaru dari usaha. Ketika Anda melakukan promosi, maka Anda bisa menciptakan awareness dan memberitahukan kepada masyarakat kalau ada produk baru yang dikeluarkan oleh merek usaha Anda.

Selain mengenalkan produk baru, dengan adanya promosi, Anda juga bisa mengenalkan produk lama. Sebab produk lama pun berpeluang meningkatkan penjualan karena pelanggan yang tidak mengetahui produk lama tersebut berminat untuk membelinya.

4. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Promosi dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan lama terkadang jarang berbelanja lagi. Entah karena budget yang dimiliki sedang terbatas atau memang hanya karena tidak ingin berbelanja.

Akan tetapi dengan adanya promosi, pelanggan lama bisa tertarik lagi untuk membeli karena sedang ada promo. Anda bisa menawarkan kepada pelanggan lama melalui chat atau email untuk memberitahu jika sedang mengadakan promo. 

5. Membentuk karakter merek 

Dengan kreativitas, Anda juga dapat menciptakan perbedaan dengan brand lain. Ini juga menjadi manfaat promosi yang tidak kalah penting.

Ketika kita memberikan promosi, baik itu untuk produk baru atau lama, hal tersebut akan membuat orang melirik barang dagangan. Namun, pelanggan tentu membandingkan harga dan kualitas dari produk yang kita miliki dengan kompetitor.

Akan tetapi, faktor promosi bisa membuat pelanggan merasa diuntungkan, sehingga mereka akan memilih dan membeli produk yang ditawarkan. Inilah yang dinamakan kekuatan dari promosi.

6. Menarik pelanggan baru

Selain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, manfaat promosi juga bisa menarik pelanggan baru. Lagipula, siapa yang tidak tertarik dengan tawaran diskon dari promo yang diadakan oleh sebuah produk.

Jika pelanggan merasa diuntungkan, maka mereka tidak akan ragu untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan dalam promo.

Sebelum melakukan promosi, sebaiknya Anda tetapkan sasaran pasar terlebih dahulu dengan menargetkan kelompok tertentu.

Misalkan saja Anda ingin menarik pelanggan baru dari kalangan remaja, sebaiknya promosi dilakukan menggunakan bahasa yang tidak kaku agar dapat menarik perhatian remaja.

7. Menciptakan peluang marketing tradisional

Salah satu manfaat promosi adalah bisa menciptakan peluang marketing tradisional. Marketing tradisional yang dimaksud di sini adalah marketing dengan cara melalui orang ke orang atau yang lebih dikenal dengan nama mulut ke mulut.

Contohnya, Anda sedang mengadakan promo beli 1 gratis 1, lalu ada pelanggan yang melihat promo ini dan ingin membelinya. Setelah membeli, pelanggan tersebut akan memberikan gratisan yang didapat ke orang lain dan mengatakan kalau sedang ada promo. Strategi ini berpotensi menambah pelanggan baru.

Manfaat promosi untuk penjualan

Manfaat promosi juga bisa digunakan untuk penjualan produk atau jasa dari usaha barumu. Berikut beberapa manfaat promosi untuk penjualan.

1. Meningkatkan penjualan

Jika dilakukan dengan optimal, manfaat promosi untuk penjualan tentunya bisa meningkatkan penjualan. Sudah bukan rahasia lagi kalau promosi memiliki pengaruh besar dalam tingkat penjualan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu mengadakan setidaknya 2-3 kali promosi setiap bulannya. Dengan begitu, penjualan bulanan bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi. Promosi yang dilakukan bisa dengan memberikan diskon hingga memberikan gratis produk untuk pembelian dengan harga tertentu.

2. Menciptakan kesempatan penjualan lain

Melansir dari situs Mando, manfaat promosi juga bisa menciptakan kesempatan lain atau yang dinamakan dengan cross-sell dan juga upsell. Dengan melakukan promosi maka secara tidak langsung, Anda juga akan mendorong penjualan produk lain dari merek Anda

Salah satu strategi yang bisa diterapkan, yakni memberikan voucher belanja untuk pembelian selanjutnya. Maka mau tak mau jika pelanggan ingin mendapatkan diskon untuk berbelanja, mereka akan menggunakan voucher tersebut untuk belanja berikutnya. Inilah yang dinamakan upsell.

Sedangkan untuk contoh cross-sell seperti Anda mengadakan diskon untuk pembelian paket produk A dan B. Jika hanya membeli produk A atau B saja, maka diskon tidak akan berlaku. Dengan begitu, maka Anda bisa menjual produk A dan B sekaligus dalam satu kali penjualan.

3. Menciptakan alasan untuk membeli

Manfaat promosi untuk penjualan yang lainnya adalah bisa menciptakan alasan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan pada saat promosi.

Metode ini sebenarnya adalah metode lama dan Anda sudah sering melihatnya digunakan pada e-commerce. Misalnya, saja pada tanggal 9 September akan ada diskon 9 persen, jadi hanya pada hari itu saja diskon bisa dinikmati oleh pelanggan.

Inilah yang menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk segera membeli pada hari tersebut karena selain tanggal itu, diskon sudah tidak berlaku.

Demikian serba-serbi mengenai manfaat promosi untuk usaha yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis. Semoga informasi ini bisa berguna untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan nantinya.

Related Articles