BUSINESS

Agensi Iklan M&C Saatchi Indonesia Diakuisisi dan Berencana Rebranding

Transaksi melibatkan pembelian 55% saham perusahaan.

Agensi Iklan M&C Saatchi Indonesia Diakuisisi dan Berencana RebrandingIlustrasi akuisisi. (Pixabay/Tumisu)

by Ekarina

17 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

JAKARTA, FORTUNE - Perusahaan Agensi Iklan, M&C Saatchi Indonesia, yang dibentuk sebagai kemitraan antara M&C Saatchi Group dan Anish Daryani, Dami Sidharta, dan Elki Hendria resmi diAkuisisi oleh Anish Daryani.Transaksi ini melibatkan pembelian saham M&C Saatchi Group sebesar 55 persen dengan harga yang dirahasiakan. 

Kendati demikian, Mitra pendiri Dami Sidharta (Chief Creative Officer), dan Elki Hendria (Executive Strategy and Digital Director) akan terus menjadi pemegang saham dalam perusahaan  dan menjadi bagian dari tim kepemimpinan.

“Kami tetap menjadi PMA secara entitas namun, model Bisnis dan operation menjadi independent. Sehingga dengan semangat lokal, kreatif indenpenden, dan pendekatan yang  AI driven, kami optimis membangun industri kreatif yang lebih agile, inovatif, efektif dan efisien,” kata  Pendiri dan Presiden Direktur M&C Saatchi Indonesia serta Chief Growth Officer untuk Asia Tenggara, Anish Daryani dalam keterangannya, Rabu (17/1).

Sedangkan dalam pernyataan bersamanya, Anish Daryani dan Zillah Bing-Thorne, CEO M&C Saatchi Group dan Chair dari M&C Saatchi Plc., mengatakan kerja sama yang dilakukan merupakan kemitraan yang saling menguntungkan selama enam tahun terakhir. 

Selama periode tersebut, terjadi hubungan simbiosis antara entitas Indonesia dan M&C Saatchi (Grup). Indonesia telah berkontribusi terhadap Grup dalam mendorong pertumbuhan, keuntungan, dan pengakuan M&C Saatchi.

“Dengan ambisi manajemen lokal menjadikan bisnis Indonesia menjadi independen, keputusan bersama telah diambil, untuk menjual kepentingan Grup dalam bisnis ini kepada Anish Daryani,” tulis pernyataan bersama tersebut. 

Rebranding

Pengusaha periklanan Anish Daryani akuisisi M&C Saatchi Indonesia .Pengusaha periklanan Anish Daryani akuisisi M&C Saatchi Indonesia .

M&C Saatchi Indonesia akan melakukan rebranding menjadi entitas baru pada Januari 2024. Bisnis dengan semua klien, talents, mitra, dan vendor akan terus bekerjasama di bawah entitas baru tersebut. 

Meskipun bisnis kreatif, digital, PR, dan aktivasi Indonesia menjadi independen, M&C Saatchi Performance akan terus beroperasi di Indonesia dalam entitas hukum yang terpisah.

Anish Daryani mengatakan, M&C Saatchi adalah salah satu merek terkuat dalam bisnis ini, dan telah menjadi kehormatan hidup saya untuk melayani selama  enam tahun terakhir. Ia yang awalnya mendirikan M&C Saatchi Indonesia bersama kedua rekannya (Dami dan Elki), hingga kini telah berkembang menjadi tim dengan beranggotakan 100 orang

“Saya belajar banyak, dan membentuk ikatan yang kuat dengan teman-teman dari seluruh dunia dan seluruh jaringan. Namun, sebagai pengusaha kreatif, beberapa ambisi saya hanya dapat tercapai sebagai entitas independen,” katanya.

Zillah Bing-Thorne, CEO M&C Saatchi Group dan Chair M&C Saatchi Plc mengapreiasi hubungan baiknya dengan Anish dan berharap yang terbaik bagi dia dan rekan-rekannya dalam usaha baru mereka.

M&C Saatchi Indonesia saat ini menangani sejumlah klien dari perusahaan ternama, seperti PermataBank, Bytedance, Sampoerna – Philip Morris, Tempo Scan Group, Unilever, Kimia Farma, Mundi Pharma, Mastercard, Grab, LG, Pertamina, Kemenperekraf (Wonderful Indonesia), Asian Paints, Adaro Energy, Ismaya Group and Astra Credit Company.