BUSINESS

Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, DBS Luncurkan Fitur LiveBetter

Fitur ini tersedia di aplikasi Digibank by DBS.

Dukung Gaya Hidup Berkelanjutan, DBS Luncurkan Fitur LiveBetterDok. DBS

by Ekarina

21 June 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bank DBS Indonesia memperkenalkan fitur LiveBetter pada aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan (sustainable lifestyle) dan berinvestasi pada produk berbasis Environment, Social, and Governance (ESG).

Kehadiran fitur LiveBetter menjadikan digibank by DBS sebagai one-stop digital platform untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial sekaligus memberikan dampak nyata pada lingkungan.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendapati pertumbuhan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia dari 38,03 persen di tahun 2019 menjadi 49,68 persen pada  2022.

Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kepercayaan masyarakat terhadap berbagai produk dan lembaga jasa keuangan, serta keterampilan mereka dalam menggunakannya.

Survei Rakuten Insight pada 2022  pun mengungkapkan, sekitar 79 persen responden di Indonesia mengaku bersedia membayar lebih untuk produk berkelanjutan, bahkan sebagian besar responden telah mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam satu tahun terakhir. 

Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani mengatakan, fitur LiveBetter turut mendorong tren positif tersebut. Tingkat kepedulian masyarakat terhadap investasi dan isu keberlanjutan semakin tinggi. Akan tetapi, banyak dari mereka belum memiliki pemahaman yang cukup tentang investasi berbasis ESG.

"Kami berharap fitur LiveBetter dapat membantu nasabah untuk lebih memahami isu keberlanjutan melalui tips dan insights dan juga mempermudah nasabah untuk mempelajari dan mengelola instrumen investasi hijau yang sesuai dengan profil risiko mereka," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/6).

Melalui fitur LiveBetter ini nasabah dapat dengan mudah menumbuhkan uang sekaligus menjaga bumi pada aplikasi digibank by DBS. 

Fitur LiveBetter akan tersedia pada aplikasi digibank by DBS mulai dari 8 Juli 2023. Bank DBS Indonesia berupaya untuk memberikan dampak lebih dari sekadar layanan perbankan dengan menghadirkan produk-produk yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

“Fitur LiveBetter tidak hanya memenuhi kewajiban Bank DBS Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan, tetapi juga turut memaksimalkan kapabilitas bank dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang menyelaraskan kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan," ujarnya. 

Peluncuran buku

Seiring transformasi digital di dunia perbankan, Head of Legal & Corporate Secretary PT Bank DBS Indonesia Yosea Iskandar menuangkan pemikirannya melalui karyanya yang bertajuk “Disrupsi Itu Seru!”.

Buku ini menyingkap transformasi industri keuangan melalui adaptasi dan inovasi, di mana transformasi di industri keuangan dan perbankan terjadi ketika ada disrupsi, baik dengan munculnya teknologi baru, perubahan perilaku konsumen, atau perubahan regulasi.

Buku tersebut juga memiliki beberapa catatan penting untuk selalu beradaptasi dan berinovasi dalam membangun masa depan finansial yang lebih baik.

“Saya berharap buku ini dapat menginspirasi banyak orang untuk memikirkan lebih dalam tentang peran yang dimainkan oleh industri keuangan dan perbankan," kata Yosea Iskandar. 

Dalam buku tersebut, penulis menerangkan pada sub judul Keuangan Berkelanjutan dan Bank-Membangun Momentum Perubahan bahwa bank memiliki peran penting untuk menjaga lingkungan.

Hal ini tertuang pada penerbitan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) yang mewajibkan Bank untuk melaporkan kegiatan yang berisi kinerja ekonomi, keuangan, sosial, dan lingkungan perusahaan dalam melakukan kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Dengan posisi strategis Bank DBS Indonesia untuk mendukung perlindungan lingkungan dan tujuan pembangunan berkelanjutan, maka transformasi digital seperti fitur LiveBetter merupakan langkah yang selaras dengan visi perusahaan yakni menjadi ‘Best Bank for A Better World’.