BUSINESS

Hindari Dampak Polusi Udara, FishLog Terapkan WFA Permanen

Konsep WFA telah diperkenalkan FishLog sejak 2020.

Hindari Dampak Polusi Udara, FishLog Terapkan WFA PermanenFishLog berlakukan WFA untuk bantu tekan polusi udara (dok. FishLog)

by Ekarina

22 August 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Startup perikanan, FishLog menerapkan program Work from Anywhere (WFA) secara permanen bagi seluruh karyawan. Langkah ini dilakukan demi membantu menekan polusi udara yang semakin memprihatinkan.

Sejak 2020, konsep WFA telah diperkenalkan sebagai bagian integral dari budaya perusahaan, jauh sebelum isu polusi di Jakarta menjadi sorotan. 

Kondisi polusi udara yang semakin parah di Jakarta dan sekitarnya mendorong sejumlah perusahaan mempertimbangkan kembali model WFA. Dengan penerapan WFA secara menyeluruh, FishLog mendukung kenyamanan dan fleksibilitas karyawan perusahaan yang saat ini berjumlah lebih dari 170 orang, dalam menjalankan tugas-tugas tanpa harus terpapar polusi. 

Meski berkantor pusat di kawasan Bogor, kebijakan WFA dilakukan dengan telah mempertimbangkan karyawan yang berasal dari berbagai wilayah lain seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Dari program WFA ini, FishLog berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan sehat, serta berharap dapat mendukung pemerintah dalam mengurangi tingginya polusi udara saat ini.
 
CEO dan Co-Founder FishLog, Bayu Anggara mengatakan, program WFA telah diterapkan FishLog sebagai bagian penting dari pola kerja perusahaan dan menjadi salah satu pilar dalam strategi pengembangan dan pertumbuhan bisnis. WFA memungkinkan karyawan untuk bekerja secara lebih fleksibel dari lokasi yang mereka pilih.

"Hal ini juga sejalan dengan lokasi bisnis kami yang tersebar di lebih dari 45 titik di Indonesia, sehingga memang kami telah terbiasa untuk bekerja dari mana saja. Penerapan konsep ini menjadi permanen bagi seluruh karyawan diharapkan dapat semakin membangun lingkungan kerja yang nyaman dan produktif, serta menjadi kontribusi positif, baik terhadap pertumbuhan bisnis, karyawan secara individu dan lingkungan sekitar," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (22/8).

Meningkatkan produktivitas

Bayu mengatakan, hingga saat ini, FishLog telah mengalami pertumbuhan bisnis positif. Perusahaan terus fokus pada pengembangan layanan bisnis serta perluasan ke pasar internasional. 

Bayu menjelaskan bahwa langkah inovatif melalui model kerja WFA ini telah terbukti membawa dampak baik bagi karyawan Fishlog yang  juga ada di Amerika Serikat (AS). “Kami yakin fleksibilitas bekerja dari mana saja dan kapan saja tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan bisnis kami di berbagai pasar global,” ujarnya.
 
Program WFA dari FishLog ini tidak hanya memberi kebebasan kepada karyawan yang telah bergabung, tetapi juga menjadi benefit bagi para talenta yang tengah mencari tempat untuk mengembangkan diri yang inovatif serta berorientasi pada pertumbuhan  serta menciptakan dampak yang nyata pada lingkungan sekitar dengan menggunakan teknologi. Informasi mengenai kesempatan menjadi bagian dari Fishlog dapat diakses melalui website atau Linkedin resmi.
 
“FishLog berkomitmen untuk konsisten mengembangkan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kesejahteraan pribadi bagi setiap karyawan. Program WFA ini bukan hanya tentang kenyamanan bagi karyawan, tetapi juga tentang membuka peluang membangun ekosistem yang berkelanjutan untuk pertumbuhan bisnis, kesejahteraan karyawan, dan pengembangan ekonomi daerah,”ujarnya.