Comscore Tracker
BUSINESS

Profil Purwono Widodo, Dirut Baru Krakatau Steel

Purwono telah menduduki berbagai posisi penting di KRAS.

Profil Purwono Widodo, Dirut Baru Krakatau SteelDirut Krakatau Steel Purwono Widodo. (Doc: Krakatau Steel)

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Purwono Widodo diangkat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, menggantikan Silmy Karim yang kini menjabat Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Penetapannya sebagai Dirut terjadi dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) pada Rabu (18/1). 

Purwono menempuh pendidikan Sarjana pada jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung pada 1986.

Setelahnya, ia melanjutkan studi Magister Manajemen Internasional Universitas Indonesia (1997).

Pasca reformasi, karirnya moncer di grup usaha Krakatau Steel. Sebelum menduduki posisi Dirut, ia sempat mencecap berbagai posisi penting di Krakatau Steel.

Dia pernah menjadi General Manager Pemasaran PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2004-2006), General Manager Penjualan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2006-2008), Direktur Komersial PT KHI Pipe Industries (2008-2013), Direktur Utama PT KHI Pipe Industries (2013-2017), dan Direktur Pemasaran PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (2017-2018)

Pengangkatannya untuk posisi Direktur Pemasaran dillakukan dalam RUPST tahun buku 2016 yang dilaksanakan pada 29 Maret 2017. 

Kemudian pada RUPLSB 2018 yang dilaksanakan pada 6 September 2018, terjadi perubahan nomenklatur jabatan Direktur Pemasaran menjadi Direktur Komersial. 

Setelah mengemban jabatan tersebut, ia ditetapkan sebagai Direktur Pengembangan Usaha dalam RUPSLB 2020 yang dilaksanakan pada 24 November 2020.

Kini selain menjabat Dirut Krakatau Steel, ia merangkap jabatan sebagai Presiden Komisaris pada PT Kerismas Witikco Makmur.

Susunan direksi dan komisaris 

Selain menetapkan Purwono sebagai Dirut, RUPST Krakatau Steel juga mengangkat dua nama baru dalam jajaran direksi, yaitu Direktur SDM, Sriyani Puspa Kinasih, dan Direktur Pengembangan Usaha dan Portofolio, Agus Nizar Vidiansyah. 

Dua direksi dengan nomenklatur baru yaitu Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko, Tardi, serta Direktur Infrastruktur dan Penunjang Bisnis, Djoko Muljono. Perseroan juga mengangkat Komisaris, Isfan Fajar Satryo, dan Komisaris Independen, Yudha Mediawan.

“Kami yakin dengan kepengurusan yang baru, Krakatau Steel dapat terus meningkatkan kinerjanya dan membawa Krakatau Steel menjadi lebih baik lagi,” ujar Corporate Secretary Krakatau Steel, Pria Utama, dalam keterangan resmi yang diterima Fortune Indonesia.

Adapun perubahan susunan pengurus, termasuk perubahan nomenklatur jabatan anggota direksi Krakatau Steel sebagai berikut:

  • Komisaris Utama : Suhanto
  • Komisaris : Yudha Mediawan
  • Komisaris : I Gusti Putu Suryawirawan
  • Komisaris Independen : Isfan Fajar Satryo
  • Komisaris Independen : David Pajung
  • Komisaris Independen : Tjuk Agus Minahasa
  • Direktur Utama : Purwono Widodo
  • Direktur SDM : Sriyani Puspa Kinasih
  • Direktur Keuangan & Manajemen Resiko : Tardi
  • Direktur Komersial : Melati Sarnita
  • Direktur Infrastruktur & Penunjang Bisnis : Djoko Muljono
  • Direktur Pengembangan Usaha & Portofolio : Agus Nizar Vidiansyah

Related Articles