Comscore Tracker
BUSINESS

8 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Miliki!

Lakukan hal ini untuk kelancaran bisnis Anda.

8 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Miliki!ilustrasi pertumbuhan bisnis (unsplash.com/Micheile dot com)

by Surti Risanti

Apabila Anda memutuskan untuk membuka sebuah bisnis, ada beberapa faktor keberhasilan wirausaha yang harus dipahami. Faktor tersebutlah yang dapat menjadi penentu dan pendukung kesuksesan usaha Anda.

Setiap sektor bisnis pasti memiliki tantangan yang berbeda-beda dan memiliki beberapa hambatan pada prosesnya. 

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kegagalan tersebut, terutama bagi pebisnis pemula.

Tidak hanya permasalahan modal saja, tapi ada berbagai faktor yang menjadi pengaruh kelancaran sebuah bisnis, seperti mental dan sikap untuk menghadapi hal tersebut.

Berikut ini ada delapan faktor keberhasilan wirausaha yang bisa Anda lakukan.

Memiliki perencanaan yang matang

perencanaan bisnis

Faktor keberhasilan wirausaha pertama adalah mempunyai perencanaan yang matang. Dalam menekuni sebuah usaha, Anda harus bisa mengatur planning yang tepat untuk dijalankan dalam bisnis. Pikirkan dengan baik hal-hal yang akan dijalani kedepannya.

Pada proses tersebut, Anda bisa menggunakan rumus 5W+1H:

  • What, apa yang hendak dijual
  • Who, siapa target pasar Anda
  • Where, dimana Anda hendak menjual produk (offline/online)
  • When, kapan waktu yang tepat untuk memulainya
  • Why, mengapa produk tersebut harus dibeli
  • How, bagaimana cara Anda memasarkannya.

Memiliki pengetahuan dengan usaha

Buku sumber pengetahuan

Anda harus memiliki ilmu mengenai dunia bisnis, yakni mulai dari mengatur pendapatan dan pengeluar, strategi marketing, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memahami bisnis yang sedang dijalani. Apabila Anda memilih untuk membuka usaha kuliner, maka Anda harus memiliki pengetahuan dibidang tersebut agar hasilnya lebih baik.

Mengatur strategi promosi

Strategi promosi

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah mengatur strategi promosi yang disesuaikan dengan target pasar, sehingga usaha yang Anda jalankan dapat berjalan lancar.

Promosi merupakan salah satu langkah untuk memasarkan produk usaha Anda secara lebih luas. Anda juga bisa membagikan secara gratis ke beberapa teman dan minta mereka untuk mem-posting testimoni mereka ke media sosial.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan iklan berbayar (ads) di media sosial agar pemasaran lebih efektif lagi. Langkah ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness.

Mengambil tindakan dan risiko

Mencatat risiko

Saat Anda membuka bisnis, Anda harus berani untuk mengambil tindakan dan risiko dari usaha yang Anda jalankan. 

Misalnya, Anda memutuskan untuk membuka bisnis camilan. Anda harus memahami bahwa risiko bisnis makanan memiliki batas waktu layak konsumsi atau tanggal expired-nya. Selain itu, ada berbagai risiko yang dijalani, seperti produk menjadi tidak laku, persaingan dengan kompetitor, dan lainnya.

Memiliki berbagai ide kreatif

Kemasan produk yang kreatif

Faktor keberhasilan wirausaha lainnya adalah Anda harus memiliki banyak ide kreatif. Anda harus bisa mempunyai berbagai ide kreatif agar dapat bersaing dengan kompetitor. Anda harus memikirkan banyak segi yang bersinggungan dengan ide kreatif, seperti desain kemasan, bentuk produk yang dijual, dan lainnya.

Bekerjasama dengan orang lain

kerja sama dengan jabat tangan

Saat menjalankan sebuah bisnis, Anda harus mampu untuk bekerjasama dengan orang lain, seperti  berkomunikasi dengan karyawan, rekan kerja, investor, dan lain sebagainya, sehingga, selalu ada ide dan gagasan yang didapatkan dari rekan satu tim.

Percaya diri

Seorang perempuan yang tersenyum percaya diri

Modal penting dalam menjalankan bisnis adalah percaya diri dengan bisnis yang sedang Anda jalani. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan tersebut, Anda akan sulit untuk menarik perhatian orang lain.

Memanfaatkan peluang dengan baik

Anda harus bisa mengambil sudut pandang dari segala sisi dan membaca peluang yang ada, sehingga apabila ada rintangan di depan mata, Anda akan siap menghadapinya.

Sebagai contoh, pada saat pandemi yang membuat banyak orang untuk memilih berdiam di rumah, Anda masih bisa tetap berjualan dengan menggunakan media sosial dan e-commerce.

Itulah tadi faktor keberhasilan wirausaha yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis. Selamat mencoba.

Related Articles