Comscore Tracker
BUSINESS

Catat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Instagram untuk Bisnis

Pelaku usaha wajib tahu hal ini!

Catat! Ini Kelebihan dan Kekurangan Instagram untuk Bisnisilustrasi instagram (unsplash.com/Solen Feyissa)

by Surti Risanti

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Instagram untuk bisnis. Tak dapat dipungkiri, media sosial saat ini banyak digunakan sebagai media promosi dan menjangkau pasar lebih luas lagi.

Salah satu media sosial yang mengalami perkembangan yang pesat adalah Instagram. Melalui berbagai fitur menarik, membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan media sosial satu ini.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau mereknya. Banyak toko yang memanfaatkan kecanggihan Instagram sebagai media kampanye. Kemudahan ini rupanya memberikan peluang pada pelaku online shop tanpa harus memiliki toko atau store yang besar.

Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwa Instagram juga memiliki kekurangan dalam hal bisnis. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Instagram?

aplikasi Instagram

Instagram merupakan media sosial yang saat ini telah diakuisisi oleh Facebook. Pada tahun 2010 saat pertama kali diluncurkan, Instagram hanya sebagai media gambar saja.

Namun, seiring perkembangan waktu, Instagram memiliki beragam fitur dan penawaran menarik bagi pengguna. Mulai dari ukuran gambar, durasi video pendek, konten reels, Instagram stories, dan lain sebagainya.

Menurut statista.com (4/10/2022), perkiraan jumlah pengguna Instagram pada tahun 2023 total sebanyak 1,2 miliar pengguna.

Hal inilah yang menjadi daya tarik pelaku bisnis untuk memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran.

Kelebihan Instagram untuk bisnis

tampilan Instagram

Berikut ini beberapa kelebihan Instagram untuk perkembangan bisnis Anda, antara lain sebagai berikut:

1. Memiliki banyak pengguna

Kelebihan Instagram dibanding platform lainnya adalah penggunanya yang terus mengalami perkembangan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menguntung bagi pelaku bisnis online untuk mempromosikan usaha dengan lebih besar.

2. Terkoneksi dengan media sosial lain

Instagram memiliki kelebihan dimana bisa terkoneksi dengan media sosial lainnya. Anda bisa menambahkan kontak atau URL WhatsApp, website, dan lainnya pada bio profil Instagram. 

Selain itu, postingan pada Instagram bisa terkoneksi atau di-post otomatis pada beranda Facebook. Jadi, Anda tidak perlu memposting ulang pada dua media sosial yang berbeda ini.

3. Gratis

Anda bisa mendapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di PlayStore atau AppStore. Selain itu, Anda juga bisa mengakses dan login pada komputer melalui situs Instagram. Anda bisa mengupload dan membuat galeri foto atau video produk di media sosial tersebut.

Tidak seperti website dimana Anda harus membayar lebih untuk menyewa domain serta menambahkan berbagai fitur lainnya.

Oleh karenanya, Instagram dirasa pas bagi Anda yang baru membuka usaha online shop.

4. Mudah melakukan promosi

Ada berbagai kemudahan yang disediakan Instagram sebagai media promosi, yakni mulai dari Instagram Ads hingga penggunaan hashtag. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa endorsement dan paid promote.

Kekurangan Instagram untuk bisnis

tampilan Instagram

Selain memiliki beberapa keunggulan yang disebutkan tadi, Instagram juga memiliki kekurangan sebagai sarana untuk promosi bisnis di antaranya sebagai berikut:

1. Spamming

Kemudahan dalam berinteraksi akan membuat akun jualan Anda rentan dengan spamming. Anda dapat menemukannya pada kolom komentar. Untuk mensiasati hal tersebut, Anda bisa beralih ke akun private atau membatasi komentar pada setiap postingan Anda.

2. Harus rajin posting

Instagram memiliki timeline yang berjalan cepat. Apabila Anda tidak rajin update atau posting, maka jualan Anda akan mudah dilupakan oleh pembeli.

3. Rawan dengan penipuan

Siapapun bisa membuat akun dan pengguna Instagram. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

4. Transaksi kurang praktis

Pada dasarnya, Instagram bukanlah tempat jual beli, sehingga saat ingin bertransaksi konsumen harus mengonfirmasi ketersediaan barang terlebih dahulu ke penjual. Instagram sebatas tempat informasi terbaru serta katalog foto produk Anda.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan Instagram untuk bisnis. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda dalam merintis usaha.

Related Articles