Comscore Tracker
BUSINESS

Manajemen Bisnis Adalah: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya

Ketahui hal ini bila ingin menjalankan usaha.

Manajemen Bisnis Adalah: Pengertian, Fungsi dan Unsurnyailustrasi manajemen bisnis (unsplash.com/Marten Bjork)

by Surti Risanti

Pelaku usaha ada baiknya memiliki pemahaman dasar mengenai pengertian manajemen bisnis. Hal tersebut dinilai penting karena ini akan berkaitan dengan keberlangsungan suatu perusahaan.

Selain itu, seorang pelaku usaha harus memiliki tekad yang kuat serta perencanaan yang matang agar tidak salah langkah di kemudian hari.

Penting bagi Anda untuk mengetahui manajemen yang tepat agar usaha yang sedang dijalankan terhindar dari kerugian, lancar, serta sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian manajemen bisnis, fungsi, dan unsurnya.

Pengertian manajemen bisnis

perencanaan bisnis

Manajemen bisnis adalah aktivitas yang dilakukan sesuai dengan perencanaan demi tercapainya target penjualan. Aktivitas dalam usaha demi mencapai keuntungan ini mulai dari kegiatan perencanaan, proses pengerjaan, serta pengawasan.

Selain itu, manajemen bisnis juga dapat dikaitkan dengan hal-hal lain yang dilakukan untuk perkembangan bisnis. 

Apabila Anda tidak memiliki perencanaan yang matang, maka peluang untuk berkembangnya bisnis jauh lebih kecil dan bisnis menjadi tidak terarah. Tentunya hal tersebut akan mengancam keberlangsungan bisnis Anda ke depannya.

Maka dari itu, keberhasilan usaha yang besar dapat dilihat bagaimana perkembangan manajemen bisnis di dalamnya.

Fungsi manajemen bisnis

ilustrasi berbicara bisnis

Setelah Anda memahami manajemen bisnis, hal yang tak kalah penting untuk dipahami adalah mengetahui fungsi dari aktivitas ini.

Berikut ini terdapat lima fungsi manajemen bisnis, yakni perencanaan, pengelompokan, pengelolaan sumber daya, tindakan kepemimpinan, dan pengawasan.

Perencanaan (planning)

Sebelum memulai usaha, penting bagi Anda untuk memiliki draf perencanaan (planning), yaitu mulai dari perencanaan produk, pemasaran, promo yang ingin ditawarkan, hingga proses pembukuan keuangan.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pebisnis adalah tidak adanya proses perencanaan serta pembukuan. 

Padahal proses tersebut sangat penting untuk dilakukan agar bisa mengontrol hal-hal bersifat finansial dan membantu merencanakan bisnis sesuai dengan modal yang ada.

Pengelompokan (organizing)

Organizing berkaitan dengan sumber daya manusia atau pegawai. Buatlah kelompok kerja dan disesuaikan dengan tugas masing-masing divisi.

Bagian dari organisasi ini mulai dari pemasaran, administrasi, lapangan, operasional, hingga staff gudang.

Adapun tujuan dari organizing ini agar proses bekerja dan penilaian hasil menjadi lebih mudah. Dengan begitu, Anda dapat menilai kinerja dari masing-masing karyawan sesuai dengan jobdesc-nya.

Selain itu, pengelompokkan ini sangat penting agar tercapainya tujuan bisnis bersama.

Pengelolaan sumber daya (staffing)

Staffing adalah proses bagaimana Anda mampu untuk mengelola sumber daya yang ada. Sumber daya ini meliputi bahan baku, mesin, serta hal-hal pendukung lainnya.

Pengelolaan tersebut sangat penting untuk disesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan bisnis. Apabila pengelolaan sumber daya telah baik, maka tidak akan terjadi defisit.

Tindakan kepemimpinan (directing)

Anda harus mampu membuat kebijakan yang baik untuk tim, baik itu semangat dan peraturan lainnya yang sesuai dengan tujuan awal.

Pengawasan (controlling)

Pengawasan berkaitan dengan pengecekan apakah sistem kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan di awal apa tidak. 

Hal ini pula menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengevaluasi sekiranya ada hal-hal yang perlu dibenahi.

Unsur-unsur dalam manajemen bisnis

ilustrasi partner bisnis

Adapun unsur-unsur dalam manajemen bisnis yang harus dipenuhi, di antaranya adalah sebagai berikut:

Memiliki strategi marketing

Perencanaan marketing sangat penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan pemasaran produk yang berdampak pada nilai guna dari barang tersebut dan hubunganya dengan pelanggan.

Melakukan analisis pesaing

Lakukan analisis kompetitor yang sekiranya memiliki produk atau layanan yang relevan dengan Anda. 

Catat kelebihan dan kekurangan dari pesaing serta hal-hal dari pesaing yang tidak ada pada usaha Anda. Hal ini bisa menjadi evaluasi bagi bisnis Anda agar lebih baik lagi kedepannya.

Laporan pembukuan

Penting bagi Anda untuk mencatat dan memiliki laporan pembukuan mengenai uang masuk dan uang keluar. Hal ini bisa menjadi acuan bagi perusahaan untuk proses kedepannya.

Itulah tadi pengertian manajemen bisnis, fungsi, dan unsur di dalamnya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang ingin menjalankan usaha.

Baca jugaMengenal Non Disclosure Agreement (NDA) Dalam Perjanjian Bisnis

Related Articles