Comscore Tracker
FINANCE

Danamon dan Pegadaian Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp1 Triliun

Ini sektor yang disasar dalam pembiayaan.

Danamon dan Pegadaian Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp1 TriliunBank Danamon berkolaborasi dengan Pegadaian dalam Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) (18/1).

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Bank Danamon berkolaborasi dengan Pegadaian dalam Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) senilai Rp500 milliar yang akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp1 triliun. 

Pinjaman Sosial Berkelanjutan ini berpedoman pada “Social Financing Framework” milik Pegadaian yang diselaraskan dengan Prinsip Ikatan Social International Capital Market Association (ICMA) dan Prinsip Pinjaman Sosial Loan Market Association (LMA). 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pegadaian, Ferdian Timur Satyagraha menjelaskan, hasil dari pinjaman sosial berkelanjutan ini akan digunakan untuk penyediaan layanan keuangan. Upaya ini penting untuk mempromosikan inklusi keuangan dalam komunitas yang kurang terlayani dan tidak memiliki layanan perbankan. 

“Kami memberikan penyediaan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil dan menengah melalui produk gadai," kata Ferdian melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (18/1). 

Ini sasaran sektor pembiayaan

Ia juga menjelaskan, program pembiayaan ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM dan pinjaman individu. 

Pembiayaan ini juga diarahkan untuk individu yang memulai usaha serta merupakan salah satu program untuk mewujudkan implementasi Keuangan Berkelanjutan di Pegadaian. Ferdian menilai, transaksi ini menjadi tonggak penting bagi Pegadaian karena merupakan Pinjaman Sosial Berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia. 

Ferdian juga mengatakan,  program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan dilaksanakan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

Dukung pertumbuhan bisnis UMKM

UMKM kerajinan gelas kayu.

Selain itu, juga mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan. Hal tersebut juga dalam rangka meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sosial. 

Sementara itu, Thomas Sudarma selaku Direktur Enterprise Banking & Financial Institution Danamon juga mengatakan,  selain dari sudut pandang sosial, kerja sama ini juga menunjukkan kapabilitas Danamon dalam bidang pembiayaan kepada institusi keuangan melalui pinjaman sindikasi. 

Sebab, pembiayaan ini juga didukung oleh solusi pengelolaan kas yang komprehensif yang ditunjang dengan penggunaan e-channel dan solusi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

"Fokus kami adalah untuk memperkuat seluruh ekosistem financial supply chain, dan kami berharap melalui kerja sama ini, kami dapat menyentuh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan keuangan," pungkas Thomas.

Related Articles