FINANCE

⁠⁠DBS Indonesia Angkat Ahmad Hidayat jadi Komisaris Independen

Ini jejak karier Ahmad Hidayat.

⁠⁠DBS Indonesia Angkat Ahmad Hidayat jadi Komisaris IndependenJajaran Komisaris DBS Indonesia/Dok DBS Indonesia

by Suheriadi

04 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemegang Saham PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) resmi mengangkat Ahmad Hidayat sebagai Komisaris Independen. Keputusan tersebut diambil melalui Keputusan Sirkuler Pemegang Saham PT Bank DBS Indonesia tanggal 28 Desember 2023. 

Presiden Direktur DBS Indonesia, Lim Chu Chong mengatakan, pihaknya berharap dengan bergabungnya komisaris baru akan memperkuat kinerja perseroan.

“Kami percaya bahwa pengalaman dan wawasan yang dimilikinya akan membangun dan memperkuat Bank DBS Indonesia. Bersama-sama, kami akan melanjutkan perjalanan sebagai bank yang memiliki tujuan positif (purpose-driven), mendorong visi strategis menjadi Best Bank for a Better World’, dan memberikan dampak lebih dari layanan perbankan,” kata Lim melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (4/1).

Ini jejak karier Ahmad Hidayat

Foto Gedung DBS. (Dok. DBS)

Ahmad Hidayat memiliki pengalaman selama 34 tahun di industri keuangan baik di bank komersial maupun regulator yaitu di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengalaman kerja beliau dimulai pada tahun 1989 dengan bergabung di Bank Bali melalui program Officer Development Program dengan jabatan terakhir sebagai kepala cabang Bank Bali Gresik, Jawa Timur. 

Selanjutnya Ahmad bergabung dengan Bank Indonesia selama 25 tahun melalui program Pendidikan Calon Pemeriksa Bank pada tahun 1992. Selama di Bank Indonesia, beliau bertugas di berbagai bidang antara lain pengaturan dan pengembangan perbankan, pengawasan bank, penugasan (secondment) di Bank PDFCI selama 2 tahun, bidang sistem pembayaran, bidang keuangan, anggaran, perpajakan dan core banking operation. Jabatan terakhir beliau di Bank Indonesia adalah Direktur Eksekutif – Staf Ahli Dewan Gubernur bidang keuangan. 

Selama beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Audit, OJK mendapatkan apresiasi melalui berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Best Gratification Control System pada tahun 2017, 2018, dan 2020, serta Implementasi LHKPN Terbaik tahun 2017, 2018 dan 2020 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  

Latar belakang pendidikan Ahmad Hidayat memperkuat keahliannya dalam industri ini. Ahmad Hidayat meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Airlangga pada tahun 1988 dan gelar Master of Business Administration dengan jurusan Keuangan dari University of Illinois, Urbana-Champaign pada tahun 2000. Sebelum ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT Bank DBS Indonesia, Ahmad Hidayat menjabat sebagai Komisaris Independen di PT Maspion Industrial Estate sejak September 2023 hingga saat ini. 

Berikut susunan dewan Komisaris DBS Indonesia saat ini:

  • Presiden Komisaris : Tan Su Shan Carrie
  • Komisaris : Paulus Irwan Sutisna
  • Komisaris Independen  : Soemadi Brotodiningrat
  • Komisaris Independen : Ahmad Hidayat.