FINANCE

Tambah Modal, CIMB Niaga Bakal Terbitkan Saham Private Placement

Aksi korporasi untuk penuhi aturan free float.

Tambah Modal, CIMB Niaga Bakal Terbitkan Saham Private PlacementJajaran Komisaris dan Direksi CIMB Niaga/Dok CIMB Niaga

by Suheriadi

12 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Ketiga (RUPSLB) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyetujui rencana penerbitan saham baru sebanyak-banyaknya 10,59 juta lembar saham atau setara dengan 0,04 persen dari saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Penerbitan saham tersebut dilakukan melalui mekanisme Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau Private Placement

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyatakan, jumlah saham beredar CIMB Niaga akan bertambah, sehingga akan meningkatkan likuiditas perdagangan saham CIMB Niaga. 

"Tentunya hal ini diharapkan juga semakin menarik minat para investor untuk menjadikan saham CIMB Niaga sebagai pilihan investasinya," kata Fransiska melalui keteranga resmi yang dikutip di Jakarta, Jumat (12/1).

Aksi korporasi untuk penuhi aturan free float

Ilustrasi investasi saham (Unsplash/@yiorgosntrahas)

Aksi korporasi ini dilakukan sebagai upaya Perseroan untuk memenuhi ketentuan Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam memenuhi persyaratan agar tetap tercatat di Bursa yaitu dengan memiliki jumlah saham free float paling sedikit 50 juta lembar saham dan paling sedikit 7,5 persen dari jumlah saham tercatat. 

Adapun per posisi 31 Desember 2023, saham free float yang dimiliki CIMB Niaga adalah 1,75 miliar  lembar saham atau setara dengan 7,07 persen dari jumlah saham tercatat Perseroan. 

Selain menyetujui aksi korporasi, para pemegang saham juga sepakat untuk memberikan kuasa kepada Direksi Perseroan dengan hak substitusi, untuk menentukan jumlah saham yang diterbitkan dan harga saham baru. 

Pada saat yang sama, RUPSLB juga memutuskan memberikan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan, untuk menyatakan mengenai realisasi penerbitan saham tanpa hak memesan efek terlebih dahulu. Pemegang saham juga menyetujui perubahan Anggaran Dasar Perseroan pasal 4 paragraf 4.2 butir b sehubungan dengan PMTHMETD. 

CIMB Niaga jual saham tresuri

Digital Lounge CIMB Niaga/ Dok CIMB Niaga