Comscore Tracker
LUXURY

Kolaborasi Kim Seo Ryong dan Iwan Tirta, Diplomasi Ekonomi Kreatif RI

Batik menjadi alat diplomasi bagi hubungan bilateral.

Kolaborasi Kim Seo Ryong dan Iwan Tirta, Diplomasi Ekonomi Kreatif RIdok. Iwan Tirta Private Collection

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Maestro batik Indonesia Iwan Tirta melalui label Iwan Tirta Private Collection berkolaborasi dengan desainer ternama Korea Selatan, Kim Seo-Ryong. Kolaborasi perdana ini diluncurkan secara virtual pada Jumat, 12 Agustus 2022 dan menghadirkan koleksi busana laki-laki (menswear) bertajuk “Resort Collection 2022/23”.

Kim Seo-Ryong yang karyanya pernah dikenakan boyband BTS hingga aktor Lee Min Ho secara singkat menceritakan proses kreatif dalam menciptakan menswear berpotongan modern nan berkelas dari batik-batik Iwan Tirta.

Mengibarkan batik di Korsel

Kolaborasi kedua desainer menjadi tonggak mengakrabkan batik di masyarakat Korsel. Bahkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Korsel memfasilitasi kerja sama antara Kim Seo Ryong dan Iwan Tirta dengan menjadikan launching koleksi ini sebagai pembuka Festival Indonesia 2022. 

Duta Besar (Dubes) RI untuk Korsel, Gandi Sulistiyanto, menyampaikan batik menjadi alat diplomasi bagi hubungan bilateral dengan Korsel. Menurutnya, ketika memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Korsel, pihaknya menggunakan pendekatan struktural dan kultural. Pendekatan ini diharapkan lebih mudah diterima oleh masyarakat Korsel.

"Kolaborasi itu mencerminkan batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif," ujar Sulis dalam peluncuran Resort Collection 2022/23. 

Dia berharap hadirnya batik di butik Kim Seo Ryong dapat menarik minat masyarakat Korsel dan ingin membeli kain tradisional. "Inilah cara saya agar targetnya masyarakat Korea bisa mencintai batik," kata Sulis. "Karena sebagian dari mereka (bilang) kepada saya ingin memiliki (batik), ke mana harus membeli."

Kim Seo Ryong menilai kolaborasinya bersama Iwan Tirta menjadi sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui batik. Ia jatuh hati dengan batik lantaran kain tradisional ini dibuat dengan teknik pengerjaan yang tinggi. Selain itu, ada tantangan tersendiri sebab pengolahan batik kadang terkendala keterbatasan ukuran kain dan motif yang penuh makna. Faktor itu membuat batik tidak bisa sembarangan ditempatkan dan harus sesuai pakem.

Koleksi kolaborasi muncul dalam berbagai potongan, seperti bomber jacket, flare pants, jas, hingga long coat. Lewat koleksi itu pula Kim Seo Ryong memilih motif batik bernuansa cerah yang tak lekang oleh zaman,

"Koleksi yang didesain oleh Kim Seo Ryong kali ini, menjadi sebuah pencapaian baru di mana batik dapat menarik perhatian kalangan bergengsi di pasar internasional," kata CEO PT Iwan Tirta, Widiyana Sudirman. 

Beragam Resort Collection 2022/23 bisa dijumpai di butik Kim Seo Ryong di Gangam, Korsel mulai Agustus tahun ini. Ketersediaan koleksi dapat dilihat melalui www.kimseoryong.com dan akun Instagram @kimseoryong.

Related Articles