NEWS

JKP: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Syarat, dan Cara Klaimnya

Jaminan untuk pekerja terkena PHK.

JKP: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Syarat, dan Cara KlaimnyaBPJS Ketenagakerjaan. (Shutterstock/Sukarman S.T)
16 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jaminan Kehilangan Pekerja atau JKP adalah sebuah jaminan sosial yang diberikan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja yang terkena PHK.

Program JKP ini telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu atau tepatnya Selasa (22/2/2022). Hal itu disampaikan Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, seperti dilansir dari kantor berita Antara.

Masduki mengatakan (22/2) program JKP adalah penguatan perlindungan sosial bagi pekerja yang mengalami PHK. Nantinya, iuran subsidi dari pemerintah akan dibagikan lewat program tersebut. "Jadi, pekerja tidak dibebani iuran baru. Pekerja peserta BPJS otomatis ikut program JKP," ujarnya. 

Lantas, apa itu JKP? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu JKP?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, JKP adalah jaminan sosial yang diberikan pemerintah  untuk pekerja/buruh yang terkena PHK. Jaminan tersebut dapat berupa uang tunai, program pelatihan, maupun akses informasi.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kelayakan kepada pekerja yang terkena dampak PHK dan mempersiapkan mereka agar bisa mendapatkan pekerjaan baru.

Tujuan dari JKP

Lalu apa tujuan dari JKP? Melansir laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, JKP merupakan program yang khusus dirancang untuk melindungi pekerja yang terkena PHK. Walau tak dipungut iuran lebih, tapi pekerja dan pemberi kerja disyaratkan harus rajin menyetorkan iuran program jaminan sosial lainnya.

Tujuan Program JKP untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja kehilangan pekerjaan. Pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi risiko akibat pemutusan hubungan kerja seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali.

Related Topics