BUSINESS

Mengenal Kewirausahaan dari Manfaat sampai Risikonya

Menjadi wirausaha itu menguntungkan!

Mengenal Kewirausahaan dari Manfaat sampai RisikonyaIlustrasi Kewurausahaan (Unsplash/@adeolueletu)

by Muhammad Jordy Prayoga

04 December 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Kewirausahaan adalah istilah yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari. Anda sendiri pastinya juga familier istilah ini.

Jika dipahami dengan bahasa yang sederhana, kewirausahaan adalah segala upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang dengan mengandalkan ide, kreativitas, dan tenaga supaya bermanfaat bagi orang lain.

Dalam hal ini, aktivitas dalam kewirausahaan bisa dilakukan dalam melalui berbagai cara, salah satunya adalah memulai usaha.

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis (usaha), penting untuk memahami ilmu kewirausahaan sebagai best practice dalam keberlangsungan bisnis.

Untuk itu, simak pembahasan lengkap mulai dari pengertian kewirausahaan hingga risikonya berikut ini!

Pengertian kewirausahaan

Ilustrasi aktivitas kewirausahaan (Unsplash/@sejadisruptivo)

Kewirausahaan merupakan segala aktivitas yang berkaitan dengan wirausaha. 

Sedangkan, wirausaha menurut KBBI adalah sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Sebagaimana diketahui, wirausaha terdiri dari dua kata; wira (mandiri), dan usaha (kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud).

Menurut Mas'ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz, kewirausahaan adalah sikap seseorang yang memiliki inovasi untuk mengubah suatu peluang menjadi ide yang laku, mampu memberikan nilai tambah melalui tenaga, biaya, waktu dan keterampilan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa wirausaha adalah seorang yang menjalankan bisnis dari mulai dari riset, pengembangan, pemasaran, hingga mengatur operasionalnya.

Sekarang, kewirausahaan dikenal dengan istilah entrepreneurship. Wirausaha memiliki peran yang penting dalam perekonomian suatu negara. 

Pasalnya, wirausaha dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memajukan perekonomian negara.

Manfaat kewirausahaan

Ilustrasi uang (Unsplash/@theyshane)

Related Topics