Comscore Tracker
BUSINESS

Mengintip Profil Pfizer, Perusahaan Farmasi Terbesar di Dunia

Perkembangan perusahaan farmasi terbesar.

Mengintip Profil Pfizer, Perusahaan Farmasi Terbesar di Duniailustrasi vaksin (unsplash.com/Mufid Majnun)

by Surti Risanti

Pfizer adalah perusahaan yang besar di bidang farmasi. Tak heran jika banyak yang mencari tahu sepak terjang serta profil Pfizer sebagai raksasa di industri farmasi dunia.

PT Pfizer International (Pfizer Inc) merupakan produsen obat-obatan medis yang saat ini berbasis di negara Amerika Serikat (AS).

Adapun Pfizer Indonesia merupakan sebuah perusahaan farmasi multinasional. Untuk lebih jelasnya, berikut artikel lebih lanjut mengenai profil Pfizer serta sejarah singkat dari perusahaan ini.

Sejarah perusahaan Pfizer Inc

ilustrasi obat-obatan

Pfizer Inc adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di dunia yang berbasis di New York, Amerika Sertika.

Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Charles Pfizer dan Charles Erhart pada tahun 1849. 

Dalam perkembangannya, perusahaan ini terus menemukan inovasi baru untuk mencegah dan mengobati penyakit. Inovasi tersebut tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan orang-orang di seluruh dunia.

Adapun produk pertama dari perusahaan ini adalah santonin, yakni obat anti parasit yang digunakan untuk mengobati cacingan pada pertengahan abad ke-19 di Amerika

Pada tahun 1880, perusahaan farmasi ini kemudian mengembangkan bisnisnya dan menjadi produsen asam sitrat terbesar di Amerika. Adapun merek-merek terkenal yang menggunakannya adalah Coca-Cola, Pepsi-Cola, dan Dr Pepper.

Pfizer Inc kemudian melebarkan unit usahanya pada pembuatan kamper, yodium, dan boraks. 

Pada tahun 1990, Pfizer kemudian mulai membuka sahamnya untuk publik. Tercata penjualan dari perusahaan ini menembus angka US$3 juta. 

Perusahaan ini kemudian melakukan riset asam sitrat yang berasal dari fermentasi gula dan jamur. Hal ini dilakukan agar meminimalisir ketergantungan asam sitrat yang diperoleh dari petani jeruk.

Pada tahun 1950, Pfizer terus mengembangkan beragam penemuan yaitu antibiotik Terramycin (oxytetracycline). Produk tersebut didistribusikan ke berbagai daerah, seperti Brasil, Kuba, Belgia, Kanada, Iran, Panama, Meksiko, Turki, Inggris, dan Puerto Rico.

Sejarah perusahaan Pfizer Indonesia

ilustrasi obat-obatan

Perusahaan Pfizer Indonesia pertama kali berdiri pada April 1969. Saat itu, jumlah karyawannya hanya 11 orang saja dan berfokus pada kegiatan operasional perusahaan.

Seiring perkembangannya, pada tahun 1971 perusahaan Pfizer mulai mengembangankan dan meresmikan fasilitas pabriknya di Indonesia.

Pfizer Indonesia tercatat sebagai salah satu emiten Bursa Efek Indonesia Jakarta (BEJ) pada tahun 1983 dan Bursa Efek Surabaya (BES) di tahun 1994.

Saat ini, perusahaan farmasi terkemuka ini telah mengoperasikan fasilitas manufaktur yang memproduksi berbagai obat medis untuk pemenuhan obat-obatan di kawasan Asia Tenggara.

Sebanyak lebih dari 400 karyawan Pfizer Indonesia dikerahkan untuk meramu obat-obatan guna menjaga kesehatan kehidupan.

Pfizer Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan guna membangun Indonesia yang lebih sehat dan meningkat kualitas hidup orang banyak.

Profil Pfizer Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pfizer memiliki cabang di Indonesia yang bertindak sebagai perluasan bisnis farmasi Pfizer Amerika. Berikut ini sekilas pembahasan mengenai profil Pfizer Indonesia:

Tujuan Pfizer Indonesia

Adapun tujuan dari perusahaan Pfizer Indonesia adalah membangun inovasi melalui kolaborasi. Menurut perusahaan, pasien adalah fokus utama dari seluruh aktifitas saat ini.

Untuk mendukung tujuan tersebut, perusahaan menyediakan beragam inovasi dengan kualitas tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup, melindungi, serta memberi kesembuhan bagi pasien.

Produk utama

Sebagai perusahaan farmasi, Pfizer Indonesia memasarkan produk-produk utama berikut:

  • Onkologi
  • Vaksin
  • Nyeri
  • Kesehatan Pria
  • Anti infeksi
  • Kesehatan mental 
  • Kardiovaskular.

Sarana produksi Pfizer Indonesia

Adapun sarana produk Pfizer Indonesia berpedoman pada Good Manufacturing Practices, yaitu sebuah produk melalui proses produksi yang baik dan memiliki keunggulan manajemen lingkungan.

Sebanyak 24 produk dari Pfizer Indonesia telah diproduksi, dikemas, dan didistribusikan ke pasar domestik dan Asia Tenggara.

Itulah penjelasan singkat mengenai profil Pfizer Inc dan Pfizer Indonesia. Semoga bermanfaat.

Related Articles