FINANCE

5 Jenis Asuransi Mobil, Manfaat dan Perlindungannya

Asuransi mobil penting untuk melindungi kendaraan.

5 Jenis Asuransi Mobil, Manfaat dan Perlindungannyailustrasi klaim asuransi mobil akibat tabrakan (pexels.com/pixabay)
07 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Jenis asuransi mobil, serta manfaat dan perlindungannya wajib diketahui pemilik mobil. Selain itu, pemilik mobil juga sebaiknya mengasuransikan kendaraannya sebab banyak risiko yang dihadapi, mulai dari cat baret, bodi pengok, kaca pecah hingga kehilangan. 

Apabila terjadi hal yang tak diinginkan di perjalanan, tentu biaya biaya perbaikan mobil tidak murah. Misalnya, perbaikan satu goresan kecil di bodi saja bisa memakan biaya hingga ratusan ribu rupiah. 

Apabila pemilik mobil memiliki asuransi, maka tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan karena asuransi yang menanggungnya. 

Namun, sebelum memutuskan mengasuransikan mobil, kenali dulu jenis asuransi mobil, manfaat dan perlindungan. Berikut ini penjelasannya yang dirangkum dari Lifepal.


 

1. Asuransi TLO

Asuransi Total Lost Only (TLO) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan mobil dari risiko kehilangan. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan.

Jadi apabila mobil Anda hanya lecet di bagian bumper atau pecah kaca depan, jangan berharap klaim akan disetujui. Biasanya premi asuransi Total Lost sebesar 0,44 persen dari harga mobil.

2. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk sendiri adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan Anda jaminan proteksi dari segala bentuk risiko yang bisa terjadi kapan pun dan di mana pun.

Asuransi jenis ini cocok banget buat melindungi mobil baru, terutama mobil yang akan sering digunakan di jalanan kota yang padat.Besaran premi asuransi all risk lebih besar dari TLO, yakni sekitar 3,26 persen dari harga mobil. 

Related Topics