NEWS

5 Destinasi Super Prioritas Diyakini Tarik Investasi US$435,3 Juta

Pemerintah prioritaskan pengembangan lima DPSP.

5 Destinasi Super Prioritas Diyakini Tarik Investasi US$435,3 JutaDestinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba. (Commons.wikimedia)
by
09 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memaparkan lima tujuan wisata super prioritas di Indonesia telah menarik investasi US$435,3 juta. Kelimanya adalah Labuan Bajo, Likupang, Mandalika, Borobudur, dan Danau Toba. 

"Tahun 2022 adalah momentum kebangkitan sektor pariwisata Indonesia," ujar Sandiaga dalam sambutannya secara virtual di acara Forum Investasi 5 Destinasi Super Prioritas, Jumat (9/9).

Sandiaga mengatakan pariwisata Indonesia kini menempati peringkat ke 32 berdasarkan Travel and Tourism Development Index 2022. Posisi tersebut naik 12 peringkat ketimbang 2019 dan berada di atas Malaysia, Vietnam, dam Thailand untuk pertama kalinya. 

Sandiaga mengatakan bahwa pengembangan lima destinasi wisata oleh World Economy Forum diyakini merupakan program yang mengangkat peringkat Indonesia. Terlebih, pemerintah telah memprioritaskan kebijakannya untuk pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) tersebut. 

Dapat menciptakan Bali baru

pulau bali menjadi salah satu destinasi wisata termewah
ilustrasi Bali Indonesia (unsplash.com/ Guillaume Marques)

Sandiaga melihat pengembangan destinasi wisata juga perlu diiringi dengan pertumbuhan investasi. Maka, ia menyatakan penting untuk menggaet para investor menanamkan modalnya di sektor pariwisata Indonesia. Dengan begitu, dapat tercipta berbagai tujuan wisata kelas dunia di Indonesia terbaru selain Bali, selain terjadi pemerataan perekonomian dan maksimalisasi sumber daya pariwisata di Tanah Air.

"28 Juli lalu kami telah menyelenggarakan forum investasi bersama pengelola kawasan pariwisata dan memaparkan project ready to offer, serta kebutuhan pembiayaan kepada beberapa lembaga pembiayaan," kata dia.

Melalui forum ini, Sandiaga berharap pembangunan sumber destinasi prioritas dapat terakselerasi, terutama melalui kawasan ekonomi khusus pariwisata dan badan otorita pariwisata.

Pesan Luhut untuk pariwisata

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan pada Menparekraf untuk memperkuat promosi pariwisata dan menyelenggarakan event secara masif. Selain itu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola destinasi.

Luhut pun meminta dukungan penuh pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas dari BUMN dan BUMD. Perlu ada pula partisipasi aktif menjaga lingkungan agar tetap kondusif menjadi brand ambassador daerahnya.

"Fokus pemerintah menjadikan 5 DPSP tidak hanya destinasi pariwisata bulat, tapi juga sebagai destinasi investasi prioritas. Untuk itu kita undang investor manfaatkan momentum ini berinvestasi di 5 DPSP," katanya.

Related Topics