NEWS

Sempat Mangkrak, Investasi Lotte Chemical Sudah Berjalan 38 Persen

Investasi petrokimia Lotte Chemical hampir US$4 miliar.

Sempat Mangkrak, Investasi Lotte Chemical Sudah Berjalan 38 PersenMenteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat bincang saat Fortune Indonesia Summit 2023 di Jakarta, Rabu (15/3).
by
15 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, proyek pabrik petrokimia milik PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) sempat mangkrak sejak 2016. Proyek tersebut mangkrak karena masalah sengketa lahan di Cilegon.

Namun, setelah dibentuk Satgas antara Kepolisian dan Kejaksaan, proyek petrokimia ini kembali berjalan lagi. “Investasi hampir US$4 miliar, kemarin saya ke sana progresnya sudah mencapai 38 persen,” kata dia dalam forum Fortune Indonesia Summit 2023 di Jakarta, Rabu (15/3).

Pada kesempatan berbeda, dia menyebut pabrik petrokimia ditargetkan rampung pada akhir 2025.

Dia menyatakan akan mengawal dan mengurai isu yang dialami LCI, seperti kompensasi dukungan sosial masyarakat, penerbitan persetujuan bangunan gedung (PBG), dan perlindungan keamanan.

“Pembangunan investasi LCI ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengurangi ketergantungan kita selama ini pada produk impor petrokimia supaya mendorong laju perekonomian Indonesia. Saat pabrik LCI beroperasi nanti, kami harap hasil produksinya akan berperan secara signifikan sebagai substitusi impor yang akan menghemat devisa negara,” kata Bahlil, Senin (13/3).

Memberikan multiplier effect

Bahlil berharap investasi tersebut juga secara langsung akan memberikan multiplier effect positif terhadap berbagai industri terkait lainnya, termasuk perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja di wilayah Provinsi Banten, khususnya Kota Cilegon.

Besar investasi yang digelontorkan untuk proyek ini, menurut Bahlil, akan mendorong penciptaan lapangan kerja hingga 15.000 tenaga kerja, dan 95 persen adalah tenaga kerja lokal Indonesia.

“Produk yang dihasilkan merupakan produk petrokimia, 50 persen akan digunakan untuk kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan diekspor,” ujar Bahlil.

Bahlil juga meminta jajaran Bareskrim Polri, yang diwakili Dirtipidter Brigjen Pipit Rismanto untuk membuat tim khusus dalam mengawal proyek investasi Lotte ini. Dia menekankan Satgas Percepatan Investasi harus mengawal keamanan baik secara hukum maupun gangguan nyata dari sekitar.

Bahlil juga mengingatkan dalam investasi ini perusahaan harus memprioritaskan kolaborasi dengan pengusaha daerah yang memenuhi syarat serta tenaga kerja untuk bisa dilatih agar dapat merasakan manfaat dari investasi ini.

Masih berjalan sesuai rencana

Presiden Direktur LCI, Yim Dong Hee, mengatakan pelaksanaan konstruksi proyek pabrik petrokimia terintegrasi LCI bakal berjalan sesuai capaian yang diharapkan. 

Pelaksanaan konstruksi pembangungan pabrik petrokimia terintegrasi telah dimulai sejak awal 2022. “Proyek ini kami harap dapat selesai sesuai target pada akhir tahun 2025,” ujar Yim.

Hingga Januari 2023, realisasi PT Lotte Chemical Indonesia mencapai US$1,58 miliar dan sampai 2045 diperkirakan akan mencapai US$4 miliar. Hingga Februari 2023, perkembangan engineering, procurement and construction (EPC) mencapai 38 persen dan telah menyerap 8.000 tenaga kerja yang akan terus meningkat, diperkirakan hingga 15.000 tenaga kerja pada akhir 2023.

Related Topics