NEWS

Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2024, Terlengkap!

Ajang untuk mulai menyaring peserta yang terbaik!

Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2024, Terlengkap!Ketiga Capres-Cawapres 2024 (Instagram/@bawaslu_donggala)
13 December 2023

Pesta demokrasi 2024 tinggal menghitung hari dan semaraknya persiapan untuk Pilpres 2024 pun semakin terasa. 

Di tengah persiapan ini, ternyata masih banyak masyarakat yang belum menentukan pilihannya. 

Maka dari itu, ini adalah momen yang sangat tepat untuk mulai mendalami ketiga peserta dalam sebuah panggung yang menjadi arena Debat Capres dan cawapres. 

Kehebatan bicara, kecakapan, kejelian dalam menanggapi isu terkini, dan kemampuan menyampaikan visi menjadi ujian bagi mereka yang berkomitmen untuk memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan.

KPU yang didapuk sebagai penyelenggara kontestasi politik telah menyusun jadwal debat capres dan cawapres 2024 yang bisa disaksikan masyarakat.

Berikut adalah informasi lengkapnya!

Jadwal debat capres dan cawapres 2024

KPU menjelaskan, debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024 akan dilaksanakan sebanyak lima kali, dengan rincian untuk capres sebanyak tiga kali, dan cawapres dua kali, seperti yang tertuang pada Peraturan KPU No. 15 Tahun 2023 Pasal 50 Ayat (1).

Debat capres dan cawapres adalah salah satu tahapan penting yang dilakukan para peserta pemilu untuk dapat meyakinkan masyarakat agar memilih mereka.

Sebagai masyarakat, Anda bisa mulai menilai mana peserta yang sesuai dengan preferensi berdasarkan penanganan isu-isu yang dianggap penting.

Adapun, berikut adalah jadwal debat capres dan cawapres 2024 terlengkap:

  • Debat pertama (capres): Selasa, 12 Desember 2023
  • Debat kedua (cawapres): Jumat, 22 Desember 2023
  • Debat ketiga (capres): Minggu, 7 Januari 2024
  • Debat keempat (cawapres): Minggu, 21 Januari 2024
  • Debat kelima (cawapres): Minggu, 4 Februari 2024

Seluruh gelaran debat ini juga digelar di Jakarta. Pasalnya, KPU sangat mempertimbangkan masalah mobilisasi apabila debat dilaksanakan di luar Jakarta.

Tema debat capres dan cawapres 2024

Setiap pelaksanaan debat, KPU juga telah menyiapkan sejumlah tema dan isu penting, meliputi:

  • Tema debat pertama: pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.
  • Tema debat kedua: ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
  • Tema debat ketiga: pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.
  • Tema debat keempat: pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
  • Tema debat kelima: kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.