Comscore Tracker
FINANCE

Apa itu SLIK? Pengganti Peran BI Checking

SLIK berisi riwayat kredit yang pernah diambil seseorang.

Apa itu SLIK? Pengganti Peran BI CheckingShutterstock/Kite_rin

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID), sebuah istilah yang tak asing di dunia perbankan yang berkaitan dengan aktivitas kredit. Sistem ini kini berada di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Melansir laman resmi OJK, SLIK adalah catatan informasi riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. Informasinya mencakup kelancaran pembayaran kredit. SLIK berisi riwayat kredit seseorang yang pernah diambil semua tercatat dalam sistem ini, layaknya BI Checking.

Pentingnya SLIK

Dapat dikatakan, SLIK adalah salah satu cara untuk tahu skor kredit yang dimiliki. Semakin baik skor, maka semakin bagus pula penilaian dari lembaga keuangan untuk proses penarikan kredit. Meski demikian, skor kredit bukanlah satu-satunya penilaian.

SLIK juga memiliki tingkatan kelancaran pembayaran kredit. Biasanya data SLIK ini jadi salah satu perhitungan bank atau lembaga keuangan ketika ingin menyalurkan kredit.

Cara mendapatkan SLIK

Untuk mendapatkan SLIK dari OJK, pengguna dapat mengakses laman resmi OJK untuk melakukan registrasi. Namun perlu diingat, debitur harus melakukannya sendiri dan tidak bisa diwakilkan.

Pada laman tersebut, debitur akan diminta mengisi sejumlah informasi, mulai dari tanggal layanan, hingga jam antrean. Intinya, menyesuaikan kuota pengurusan SLIK yang tersedia.

Debitur juga akan diminta untuk melampirkan foto e-KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA. Kebutuhan permintaan iDeb juga akan diminta untuk kebutuhan tertentu.

Related Topics

Related Articles