FINANCE

Ketahui Jumlah Tabungan Minimal untuk Pengajuan Visa

Segera cek saldo tabungan Anda

Ketahui Jumlah Tabungan Minimal untuk Pengajuan VisaIlustrasi visa (pexels/Natalia Vaitevich)
04 June 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Selain paspor, visa juga menjadi dokumen penting untuk dibawa ketika melakukan perjalanan internasional. Untuk bisa mendapatkan visa, rekening koran termasuk salah satu dokumen yang wajib disertakan dalam pengajuan. 

Tujuannya untuk memastikan Anda mempunyai dana yang cukup untuk bisa bepergian ke negara tujuan dan pulang sesuai jadwal. Hal tersebut juga menghindari seseorang mencari pekerjaan di sana atau menjadi imigran gelap.

Maka dari itu, beberapa negara memiliki ketentuan Jumlah Tabungan Minimal Untuk Pengajuan Visa. Bagi Anda yang berencana pergi ke luar negeri, berikut jumlah tabungan minimal yang harus ada di tabungan Anda.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat termasuk negara yang banyak difavoritkan masyarakat Indonesia untuk dikunjungi. Karena ada cukup banyak pengunjung yang datang, kedutaan Amerika Serikat tentu menetapkan syarat visa minimal tabungan.

Pihak berwenang akan melakukan pengecekan pada informasi rekening koran yang telah dilampirkan. Jika jumlah tersebut sudah memenuhi ketentuan, visa baru bisa Anda dapatkan.

Namun, jumlah tersebut tidak disebut secara spesifik oleh pihak yang bersangkutan. Meskipun begitu, Anda bisa memperkirakan jumlah dana yang akan digunakan untuk hidup di Amerika Serikat.

Dana tersebut juga termasuk dengan tiket pesawat untuk kembali ke negara asal.

Misalnya, Anda berencana untuk berada di Amerika Serikat selama 15 hari, jumlah tabungan yang minimal Anda miliki sebesar 5 ribu sampai 10 ribu dolar AS atau sekitar di atas Rp70 juta. Untuk mendapatkan visa pelajar, saldo tabungan yang harus dimiliki minimal di atas 10 ribu dolar AS.

2. Eropa atau Schengen

Wilayah Schengen merupakan salah satu bagian Benua Eropa yang cukup banyak didatangi wisatawan atau pengunjung dari berbagai negara.

Sama halnya dengan negara lainnya, Schengen juga menetapkan jumlah tabungan minimal untuk pengajuan visa.

Di antara banyaknya negara yang berada di wilayah Schengen, Belanda memberikan informasi jelas mengenai jumlah tabungan minimal yang ingin mengajukan visa Schengen.

Setiap orang yang berencana mengunjungi Belanja, jumlah tabungannya minimal sebesar 30 euro dikali jumlah hari di sana.

Misalnya, Anda berniat tinggal selama 15 hari, maka saldo tabungan yang harus Anda miliki sebesar 450 euro atau sekitar Rp7,5 juta.

Meskipun hanya dinyatakan oleh Belanda, perhitungan tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai panduan dalam mengajukan visa Schengen ke negara lain.

Hal tersebut juga memudahkan dan mempercepat proses pengajuan visa.

Related Topics